Manfaat Sholat Bagi Kesehatan

sujud

Rangkaian gerakan sholat yang dicontohkan oleh Rasulullah saw sarat akan hikmah dan manfaat bagi kesehatan. Sebab, setiap gerakan sholat merupakan bagian dari olahraga otot-otot dan persendian tubuh. Sholat dapat membantu menjaga vitalitas dan kebugaran tubuh tetapi dengan syarat semua gerakan sholat dilakukan dengan benar, tuma’ninah (perlahan dan tidak terburu-buru), dan istiqomah (konsisten/terus menerus).

Begitu banyak manfaat gerakan sholat bagi kesehatan tubuh manusia. Semakin sering kita sholat dengan benar, semakin banyak manfaat yg kita peroleh untuk kesehatan diri kita.

Mari kita lihat satu persatu dari gerakan sholat…

Sholat dengan berdiri

Wajibnya sholat adalah berdiri bagi yang mampu, ternyata berdiri pada waktu sholat mengandung hikmah yg luar biasa yaitu dapat melatih keseimbangan tubuh dan konsentrasi pikiran.

Takbiratul Ihram

Takbir dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu dan dilakukan ketika hendak rukuk dan bangkit dari rukuk. Pd saat kita mengangkat tangan sejajar bahu, otomatis kita membuka dada, memberikan aliran darah dari pembuluh balik yang terdapat di lengan untuk dialirkan ke bagian otak pengatur keseimbangan tubuh, membuka mata dan telinga kita sehingga keseimbangan tubuh terjaga.

Rukuk

Rukuk dilakukan dengan tenang dan optimal dapat merawat kelenturan tulang belakang yang berisi sumsum tulang belakang (sebagai saaraf sentral manusia) beserta aliran darahnya. Rukuk pun dapat memelihara kelenturan tuas sistem keringat yang terdapat di punggung, pinggang, paha dan betis belakang. Demikian pula tulang leher, tengkuk dan saluran saraf, memori dapat terjaga kelenturannya dengan rukuk. Kelenturan saraf memori dapat dijaga dengan mengangkat kepala secara maksimal dengan mata menatap ke tempat sujud.

I’tidal (Bangun dari Rukuk)

Saat berdiri dari rukuk dengan mengangkat tangan, darah dari kepala akan turun ke bawah sehingga bagian pangkal otak yang mengatur keseimbangan berkurang tekanan darahnya. Hal ini dapat menjaga sistem saraf keseimbangan tubuh dan berguna mencegah terjadinya pingsan secara tiba-tiba.

Sujud

Apabila dilakukan dengan benar dan lama, sujud dapat memaksimalkan aliran darah dan oksigen menuju otak atau kepala, termasuk mata, telinga, leher, pundak dan hati. Cara seperti ini efektif untuk membogkar sumbatan pembuluh darah pada jantung sehingga resiko terkena jantung koroner dapat diminimalisir.

Duduk antara Dua Sujud

Cara duduk di antara dua sujud dapat menyeimbangkan sistem kerja elektrik serta saraf keseimbangan tubuh kita. Selain itu, gerakan ini dapat menjaga kelenturan saraf di bagian paha dalam, cekungan lutut, cekungan betis, sampai jari-jari kaki. Kelenturan saraf ini dapat mencegah penyakit prostat, diabetes, sulit buang air kecil dan hernia.

Duduk Tasyahud Awal

Pada saat duduk tasyahud awal, lipatan paha dan betis bertemu. Gerakan ini dapat mengaktifkan kelenjar keringat sehingga dapat mencegah pengapuran dan mengoptimalkan kaki sebagai penopang tubuh kita.

Duduh Tasyahud AKhir

Gerakan ini lebih baik dari gerakan bersila. Berguna untuk membongkar pengapuran pada cekungan kaki kiri agar saraf keseimbangan yang berhubungan dengan saraf mata akan terjaga dengan baik sehingga konsentrasi akan meningkat dan terjaga.

Salam

Gerakan ini dapat menarik urat leher yang bermanfaat untuk menjaga kelenturan urat leher. Pada leher terdapat banyak urat saraf yang sangat penting untuk dijaga, seperti urat saraf paru-paru dan jantung. Sebab kalo kering dapat menyebabkan kematian (Madyo Wratsongko: 40-45)

Subhanallah, Allah Maha Hikmah, segala yg dititahkan-Nya memberikan manfaat yang luar biasa bagi hamba-Nya. Semakin banyak rakaat yang dikerjakan, semakin banyak hikmah yang diperoleh dari gerakan-gerakan tersebut untuk tubuh kita.

*Dikutip dari buku Berkah Sholat Dhuha
Gambar pinjam dari sini

23 Comments

  1. Semoga dengan mengetahui hikmah di balik perintah sholat ini semakin menammbah keimanan kita kepada Allah. Dan tentu sholatnya makin rajin. Amin

    Oh ya… salam kenal dari kota Bukittinggi Sumatera Barat mas…semoga blog anda semakin banyak di kunjungi para netter…

    Laki-laki Biasa : “Amiin yaa ALLAH..
    Salam kenal juga bang Efri..:)
    Amiin.. makasih do’anya Bang..”

  2. Kang …
    Saya sering membaca artikel mengenai gerakan sholat di tinjau dari segi kesehatan …

    Namun mengenai yang Sujud … saya baru baca ini

    Terima kasih ya Kang

    Laki-laki Biasa : “Sama-sama Om.. :)”

  3. Artikelnya bagus Sekali, thanks Sob. memang obat yg paling manjur untuk segala penyakit adalah Sholat. setelah baca in sy makin bersemangat untuk menyempurnakan gerakan sholat sy.

    Laki-laki Biasa: “Alhamdulillah.. semoga apa yg ada di sini bermanfaat bagi pembaca, amiin.. “

  4. ternyata sholat banyak manfaatnya buat kita…
    semoga niy buat saya gak lupa ama yang namanya sholat,
    Amin…

    Laki-laki Biasa: “Amin yaa ALLAH, jangan sampai lupa donk ah.. :)”

  5. Allahu akbar, sebagian besar ummat islam yg menjalankan sholat dengan gerakan2 yg benar merasakan manfaat yg luar biasa sekali. semoga kita selalu bisa menjalankannya dengan istiqomah. amin

    Laki-laki Biasa: “Amin yaa ALLAH..”

  6. alhamdulilahirrabil alamin..segala puji syukur hanya kepada Allah yang menciptakan langit dan bumi…….terimakasih telah menerangkan manfaat sholat…..selama ini saya sholat tapi tidak tahu apa hikmah dan manfaatnya…..sehingga kualitas sholat saya asal-asalan saja…….semoga rahmat Allah beserta semua muslim

  7. Pingback: Manfaat Sholat Bagi Kesehat « afdanisasyahroza

  8. Pingback: Engka go Blog » Sholat Pangkat Sehat

  9. Pingback: Sholat Pangkal Sehat « Engka go Blog

  10. Pingback: Sholat Pangkal Sehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s