Hikmah Sholat Dhuha

Oleh : M. Khalilurrahman Al Mahfani

Sholat Dhuha hukumnya sunah muakkad. Oleh karenanya, siapa saja yg ingin memperoleh pahala dan keutamaannya silahkan mengerjakan dan tidaklah berdosa apabila meninggalkannya. Namun Rasulullah saw senantiasa mengerjakan sholat Dhuha.

Rasulullah adalah teladan utama dalam segala hal. Beliau tidak akan mewasiatkan atau memerintahkan sesuatu sebelum mengerjakannya. Demikian pula dengan sholat Dhuha.

Menunaikan sholat Dhuha selain sebagai wujud kepatuhan kepada ALLAH dan Rasul-NYA, juga sebagai perwujudan syukur dan takwa kepada kepada ALLAH karena ALLAH Maha Hikmah. Apapun amal ibadah yang disyariatkan akan mengandung banyak keutamaan dan hikmah.
Dan di antara keutamaan dan hikmah dari sholat Dhuha adalah sebagai berikut :

1. Sholat Dhuha adalah Sedekah

Rasulullah bersabda,

Setiap ruas dari anggota tubuh di antara kalian pada pagi hari, harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan semua itu dapat disepadankan dengan mengerjakan sholat Dhuha dua rakaat.
(HR. Muslim dari Abu Dzar)

Dalam diri manusia terdapat tiga ratus enam puluh ruas tulang, hendaklah ia mengeluarkan satu sedekah untuk setiap ruas itu. Para sahabat bertanya, “Siapa yang mampu mengerjakan hal tersebut wahai Nabi ALLAH?” Nabi berkata, “Dahak di masjid yang engkau pendam, suatu aral yang engkau singkirkan dari jalan. Jika kamu tidak mendapatkan sesuatu yang sepadan, cukuplah bagimu sholat Dhuha dua rakaat.”
(HR. Abu Daud dan Ahmad dari Abu Buraidah)

2. Sholat Dhuha sebagai Investasi Amal Cadangan

Sholat adalah amal yang pertama kali diperhitungkan pada hari Kiamat. Sholat juga merupakan kunci semua amal kebaikan. Sholat sunah -termasuk- sholat Dhuha merupakan investasi atau amal cadangan yg dapat menyempurnakan sholat fardhu (wajib).

Rasulullah saw bersabda,

Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada diri hamba pada hari kiamat dari amalannya adalah sholatnya. Apabila benar (sholatnya) maka ia telah lulus dan beruntung, dan apabila rusak (sholatnya) maka ia akan kecewa dan rugi. Jika terdapat kekurangan pada sholat wajibnya, maka ALLAH berfirman, “Perhatikanlah, jikalau hamba-KU mempunyai sholat sunah maka sempurnakanlah dengan sholat sunahnya sekedar apa yang menjadi kekurangan pada sholat wajibnya. Jika selesai urusan sholat, barulah amalan lainnya.”
(HR. Ash-habus Sunan dari Abu Hurairah RA)

3. Ghanimah (Keuntungan) Yang Besar

Rasulullah bersabda,

Dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash, ia berkata, “Rasulullah saw mengirim pasukan perang. Lalu pasukan itu mendapatkan harta rampasan perang yang banyak dan cepat kembali (dari medan perang). Orang-orang pun (ramai) memperbincangkan cepat selesainya perang, banyaknya harta rampasan, dan cepat kembalinya mereka. Makam Rasulullah saw bersabda, “Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang lebih cepat selesai perangnya, lebih banyak (memperoleh) harta rampasan, dan cepat kembali (dari meda perang)? (Yaitu) orang yang berwudhu kemudian menuju masjid untuk mengerjakan sholat sunah Dhuha. Dialah yang lebih cepat selesai perangnya, lebih banyak (memperoleh) harta rampasan, dan lebih cepat kembalinya.”
(HR. Ahmad)

4. Dicukupi Kebutuhan Hidupnya

Orang yang gemar melaksanakan sholat Dhuha karena ALLAH, akan dberikan kelapangan rezeki oleh ALLAH. Rasulullah saw menjelaskan daam hadits Qudsi dari Abu Darda’ bahwa ALLAH berfirman:

Wahai anak Adam, rukulah (sholatlah) karena AKU pada awal siang (sholat Dhuha) emapt rakaat, maka AKU akan mencukupi (kebutuhan)mu sampai sore.
(HR. Tirmidzi)

5. Pahala Haji dan Umrah

Rasulullah bersabda,

Barangsiapa yang sholat Shubuh berjamaah kemudian duduk berzikir untuk ALLAH sampai matahari terbit kemudian (dilanjutkan dengan) mengerjakan sholat Dhuha dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya.
(HR. Tirmidzi)

6. Diampuni Semua Dosanya Walau Sebanyak Buih di Laut

Rasulullah bersabda,

Barangsiapa yang menjaga sholat Dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni walau sebanyak buih di lautan.
(HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad)

7. Istana di Surga

ALLAH akan membangun istana di surga bagi orang yang gemar sholat Dhuha. Rasulullah bersabda,

Barangsiapa shalat Dhuha dua belas rakaat, maka ALLAH akan membangun istana dari emas di surga.
(HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Demikian beberapa keutamaan dan hikmah dari sholat Dhuha yang diambil dari hadits. Semoga menjadi motivas bagi kita semua agar lebih memperhatikan sholat Dhuha dan membiasakan sholat Dhuha.

57 Comments

  1. subhanallah…saya sudah merasakan nikmatnya salat duha. monggo

    Laki-laki Biasa : “Alhamdulillah mas, semoga saya dan pembaca lainnya juga bisa merasakannya.. amin yaa ALLAH.”

  2. Pingback: Makna Filosofis Sholat Dhuha « Laki-laki Biasa

  3. Makasih artikelnya, sy sedang berusaha penuh menjalankan sholat dhuha, memang nikmat rasanya. setelah selesah sholat hati menjadi tenang, pekerjaan tidak lagi menjadi beban, dan rasa nyaman hingga malam harinya. Doakan mudah2an bisa istiqomah menjalankan ibadah ini.

    Laki-laki Biasa : “Sama-sama mbak…:)
    Insya ALLAH saya juga masih dan sedang berusaha, iya memang setelah sholat semua menjadi tenang (hati dan pikiran). Kita saling mendo’akan ya mbak :)”

  4. Ijin copy ya mas,, Artikelnya bagus sekali buat dakwah, Mudah2an bisa bermanfaat bagi kita semuanya,,,

    Laki-laki Biasa : “Silahkan Mas.. semoga bermanfaat, amiin.. “

  5. Insya Allah aku akan selalu mendawamkan sholat dhuha dan sholat-sholat sunnah yang lain, sebagai bentuk mahabbah untuk orang tua yang sudah membesarkan, mendidik dan merawat aku dengan baik.
    terima kasih atas artikel yang baik, menantikan artikel-artikel bermutu selanjutnya.

    Laki-laki Biasa : “Subhanallah.. semoga istiqomah ya Mas.”

  6. Kang Dudy,
    Insya Allah mendawamkan sholat dhuha, tapi belum bisa mendawamkan yang dua belas rakaat, paling banter enam rakaat tiga salam, kalau yg dua belas rakaat hanya setiap kamis.
    Insya Allah ngajak temen-temen kantor untuk sholat dhuha.. kan enak tuh kalo kantor jadi berkah..

    Laki-laki Biasa : “Iya bener yah.. berkah dan juga adem :)”

  7. Pingback: Statistik Blog Tahun 2009 « Laki-laki Biasa

  8. Assalamu’alaikum smua..!! Salam kenal z..mksh y mas artkl’a bgs bngt..smga Allah mmbri hidayah dn taufik kpd qt smw..

    Laki-laki Biasa: “Wa’alaikumsalaam warohmatullahi wabarokatuh..
    Sama-sama mas.. Amiin yaa ALLAH..

    NB: nulis ALLAH jangan disingkat donk mas!

  9. Iya, Insya Allah dengan sholat duha, Allah akan memudahkan rizki kita, karena sholat duha itu adalah pembuka rezki kita. Tapi ya perlu diingat, sholat wajibnya jangan ditinggalkan ya…😉 Mudah-mudahan kita semua diberikan kemampuan untuk menjalankannya, Amiin…..

    Laki-laki Biasa: “Pastinya..masa yg wajib malah dilupain?:)
    Makasih Mas Edy sudah diingatkan.. amiin yaa ALLAH.. “

  10. ass. mas…mohon izin artikelnya diposting ke dalam blog saya, tapi nama mas tetap saya pake kok…..syukron atas artikelnya, semoga diberi pahala yang setimpal di sisi Allah ya..

    Laki-laki Biasa: “Wa’alaikumsalaam wr.wb., Silahkan Mas.. semoga bermanfaat.. amiin yaa ALLAH.. “

  11. ISTIMEWA,,,,,PANTES DI PERHITUNGKAN…
    BAGAIMANA KLAU KITA TDAK MENJALANKAN SECARA CONTINEW

    Laki-laki Biasa: ALLAH menyukai ibadah yang dilakukan secara terus menerus (konsisten dan kontinyu) meski hanya sedikit:)

  12. Assalamualaikum wr…wb…
    Subhanallah…..bagus bgt posting nya mas, kebetulan aku lg mulai menjalankan Dhuha ini, baru sekitar 2 minggu, tp hati hati terasa tenang sekali, kerja enak dan Alhamdulillah diberikan kemudahan dlm bekerja…
    Syukron ya Akhi…

  13. Pingback: Hikmah Sholat Dhuha « Forum OJT/Magang PT ARUN LNG

  14. Artikel yg bagus. Saya baru tahu begitu banyak hikmah sholat dhuha. Tahu saya hanya beberapa sj. tapi sy dah biasa mengamalkannya. Jika hari itu tidak sholat dhuha, rasanya ada yg kurang pd hari itu. Jazaakallah.

  15. Pingback: Bro… DHUGEM YUK… « Meitanteiamiterasu

  16. saya ingin sekali melaksanakan shalat dhuha setiap hari, tetapi karena saya harus berangkat bekerja jam 7.15 pagi maka saya hanya mengerjakan shalat dhuha pada hari-hari libur saja. karena ditempat kerja, saya tidak dapat mengerjakan shalat dhuha. saya mau bertanya, jam berapa shalat dhuha dimulai dan sampai jam berapa diakhiri. apakah boleh mengerjakannya pada pukul 7.00, karena jika boleh saya dapat melaksanakannya setiap hari sebelum berangkat bekerja..

  17. Ya Allah. . .serasa teraduk-aduk hati saya. Setelah membaca artikel-artikel dari postingan blog ini saya jadi semakin sadar. Betapa indah,terang dan sejuknya agama islam itu. “Insya Allah” saya akan terus berusaha untuk mendalami dan mengamalkan ajaran-ajarannya #termasuk mengerjakan sholat sunnah dhuha^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s