Manfaat Singkong

Siapa tak kenal singkong? Tanaman ‘rakyat’ ini bisa dikatakan sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya umbinya yang memiliki rasa yang khas, namun daun singkong pun bisa disulap menjadi sayuran yang sangat nikmat.

Sebagai penganan, umbi singkong diminati hampir di semua wilayah di Tanah Air. Umbi singkong juga dikenal sebagai makanan pokok di daerah tertentu. Di beberapa daerah, singkong (Manihot utilissima) dikenal dengan berbagai nama, seperti ubi kayee (Aceh), kasapen (Sunda), tela pohong (Jawa), tela belada (Madura), lame kayu (Makassar), pangala (Papua), dan lain-lain.

Tanaman singkong sangat mudah tumbuh. Tumbuhan yang berasal dari Amerika Tropis ini banyak ditanam di pekarangan, tanggul, ataupun sawah. Perbanyakan tanaman dapat dilakukan dengan stek dari batang singkong tua.

Menurut pakar tanaman obat, Prof Hembing Wijayakusuma, efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah napsu makan. Bagian yang umum dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi.

Umbi singkong memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Daun mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, fosfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batang, mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat.

Selain sebagai makanan, tanaman singkong memiliki berbagai khasiat sebagai obat. Di antaranya obat rematik, sakit kepala, demam, luka, diare, cacingan, disentri, rabun senja, beri-beri, dan bisa meningkatkan stamina.

Mengatasi rematik bisa dilakukan dengan pemakaian dalam dan pemakaian luar.

Pada pemakaian luar, sebanyak lima lembar daun singkong, 15 gram jahe merah, dan kapur sirih secukupnya, dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. Setelah diaduk, ramuan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.
Pada pemakaian dalam, 100 gram batang singkong, satu batang sereh, dan 15 gram jahe direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu, disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.

Mengatasi sakit kepala, daun singkong ditumbuk lalu digunakan untuk kompres.

Sebagai obat demam, 60 gram batang pohon singkong, 30 gram jali yang telah direndam hingga lembut direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Ramuan disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.

Mengatasi luka bernanah, batang singkong segar ditumbuk lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

Untuk luka garukan, singkong diparut lalu ditempelkan pada bagian yang sakit dan
diperban.

Obat luka karena terkena benda panas, singkong diparut lalu diperas. Airnya didiamkan beberapa saat hingga patinya mengendap, lalu patinya dioleskan pada bagian yang luka.

Mengatasi diare, tujuh lembar daun singkong direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.

Obat cacingan, 60 gram kulit batang singkong dan 30 gram daun ketepeng cina direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan diminum airnya menjelang tidur.

Mengatasi beri-beri, 200 gram daun singkong dimakan sebagai lalap.

Untuk meningkatkan stamina, 100 gram singkong, 25 gram kencur, dan lima butir angco yang telah dibuang bijinya, diblender dengan menambahkan air secukupnya. Lalu tambahkan madu dan diminum.

Sumber : Kecap Bango

33 Comments

    • Okeee memang betul Kulit Singkong bisa dibuat sebagai Bahan Pemadam Kebakaran. *** Salah satu Penemuan hasil Penelitianku 3 Tahun yg lalu & belum saya Lounching ke Media/Publik adalah “Limbah Cair atau Padat dari proses produksi Tapioka dan Wonocaf” telah saya proses menjadi Bahan Pemadam Kebakaran: “Istilah Kerennya bisa Mengusir Api dan Menghisap Bara Api. *** Penemuan-ku ini sudah kami presentasikan pada Team Ahli di Menristek, LIPI, dan BPPT. *** Penemuanku ini Belum kami Produksi Secara Masal.

  1. Pingback: Statistik Blog (per 16 Maret 2009, Pkl. 16:18 WIB) « Laki-laki Biasa

  2. aku banyak menemukan artikel yang sama dengan artikel ini…………. ya,,bukannya apa-apa
    ??

    Laki-laki Biasa : “Sumbernya udah saya cantumkan koq.. don’t worry:).
    Tanda tanya-nya banyak banget, maaf saya edit.. biar lebih enak dilihat.”

  3. Cemilan paling favorit… digoreng kecil2 asin trus pake sambel terasi..
    Direbus juga ok banget, ga percuma suka makan singkong ya…

    Laki-laki Biasa : “Keripik singkong pake sambel terasi? Hmm.. coba ah.. :)”

  4. Uedannn…
    singkong yang ini banyak sewkali gunanya.
    Lha, kalau BUPER SINGKONG ini banyak sekali apanya, ya…

    Laki-laki Biasa : “Memang banyak guna Mas:)
    Kalo Bumi Perkemahan Gunung Rowo banyak pohon singkongnya. Btw, kenapa bisa sampe begitu ya Mas, gak ada yg ngurus kah?”

  5. Kang Dudy,
    ane biasanya sepulang kerja sore hari, ngelewatin tukang jualan kripik singkong, biasanya beli tuh..
    setelah baca thread ente, jadi tambah rajin nih beli tu kripik singkong.. Jazakallah..

  6. Pingback: Statistik Blog Tahun 2009 « Laki-laki Biasa

  7. Tahukah manfaat lain dari kulit singkong? Yang saya dengar sudah dipatenkan hak ciptanya oleh warga kita, Indonesia, bahwa kulit singkong yang diproses bisa bermanfaat sebagai bahan pemadam kebakaran yang sangat ampuh dan efektif dibandingkan dengan bahan pemadam yang telah ada, karena fungsinya juga dapat mencari sumber api yang tidak tersentuh dari bahan pemadam yang ada. Bila mengetahui lebih detail, saya ingin sekali mengetahuinya.

    Thanks

    Laki-laki Biasa: “Wah saya baru tau tuh Mas kalo kulit singkong bisa digunakan sebagai bahan pemadam kebakaran.. :)”

  8. Wah,pantesan banyak anak2 desa yg prestasi akdmikny bgus y..walaupun mknanny sderhna,tetapi trnyata brgizi tinggi. Benar2 Allah menciptakan sesuatu itu tidaklah sia-sia.
    Allahu Akbar..

  9. bah_bah bnyak sekali ternyata fungsi singkong,daun&btang itu bah!
    tak salah aku memilih sayur ke sukaan daun singkong,…
    td ny qu tak kpikiran ksini tw ke daun singkong ni
    tp pas hari ni sayur yg saya makan daun singkong yg di tumbuh agak halus…
    n aku bisa ngabisin 1pirng!!!
    mancaaap………
    thx bngat buat info ny bos.
    slam sukses buat smua
    horaaas baaaah

  10. mau tanya dong apakah benar klw kita banyak mengkomsumsi singkong yg berlebihan bisa mengakibatkan sakit pinggang..dan daun singkong itu di larang sekali bagi orang yg sedang sakit darah tinggi…

  11. Saya sangat apresiatif sekali dengan Artikel Kandungan Gizi dan berbagai Manfa’at Singkong. * Sebagai Peneliti Independen dibidang Pangan Tepung Wonocaf (Fermentasi Casava) 100% sebagai Pengganti Terigu. Sekarang saya Fokus Meneliti Aneka Ragam Tanaman: Kacang2-an, Umbi2-an, dan Jagung saya Fermentasi untuk jadi Tepung-an dalam upaya meningkatkan Cadangan Pangan Nasional selain Beras dan Terigu. * Indonesia sbg Negara Agraris Maritim kaya Aneka hayatinya; Teknologi Pasca Panen-nya tertinggal jauh.

  12. Pingback: Karya Tulis Ilmiah « Heru Prasetyo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s