72 comments on “Hukum Islam Tentang Menambahkan Nama Suami Di Belakang Nama Istri

  1. dulu saya sempat berpfikir untuk menambahkan nama suami pada nama belakang saya kelak jika saya telah menikah. ternyata saya salah.

    terima kasih atas pencerahannya :)

  2. Makasih share ilmunya,sepele namun sgt berat hukumnya dan banyak bgt yg tidak tahu,,saya mau nanya kalo anak adopsi yg sejak lahir dan belum diberi nama orang tua kandungnya terus dia diberi nama ornag tua adopsinya dan ditambahkan nama ayah adopsi dibelakangnya giman hukumnya,boleh tidak?makasih

    • setahu saya hal itu juga tidak boleh,,,kita harus…tetap menyandangkan nama ayah kandungnya..bukan nama ayah adopsinya
      karena bagi anak perempuan khususnya yg akan menjadi wali nya adalah ayah kandungnya

      • benar anyelirku,, dan perlu diketahui juga Rasulullah juga pernah mengadopsi seorang anak,, tetapi tetap memakai nama orang tua anak itu yang sebenarnya,,,

  3. Sayangnya nama sang ayah kebanyakan digunakan setelah dikubur dan terukir di batu nisan.

    Fulan binti Fulan

    Nice share bro, salam silaturahmi ;)

  4. bismillah. salam. mohon penjelasan dan koreksi

    kalo dalam hukum islam ini namanya “Qiyas” kan???? judulnya penambahan nama tapi penjelasan hadisnya tentang nisbat/nasab bukan penambahan nama?? bukankah nisbat menasabkan kpd ayah ditandai den…gan “bin” atau “binti” ?? misal : pak rahmat punya anak diberi nama aisyah rahmat, maka dalam hal yang prinsip seperti pernikahan untuk menunjukkan nasabnya tetep saja aisyah rahmat bin rahmat. contoh: Hasyim Asyari menamakan anaknya Wahid Hasyim, wahid hasyim menamakan anaknya abdurrahman wahid, tpi untuk menunjukkan nasabnya tetep abdurrahman wahid bin wahid hasyim, ato Wahid Hasyim bin hasyim asyari………karna tidak pernah diajarkan dan “Tidak pernah kita mendengar atau diajarkan Rasulullah menambah namanya”, maka penjelasan diatas bersifat “Qiyas” (penganalogian),..bahkan qiyas sendiri masih ada perselisihan bisa jadi dasar atau tidak (http://nurulwatoni.tripod.com/Qiyas_Ibnu_Hazm.htm)..

    lain lagi kalo kita “pernah mendengar Rasulullah mengatakan untuk tidak menambahkan nama”, maka jelaslah itu tidak boleh, karna tingkatannya sudah hadist

    saya mengutip contoh kasus diatas : tentang astuti rahmat bukankah penyebutan saja?bukan pe-nasab-an?..penyebutan astuti rahmat, bu rahmat ato nyonya rahmat sama saja kan???knp bu rahmat dan nyonya rahmat boleh tapi astuti rahmat tidak boleh?

    kalo tentang nasab sudah jelas tidak boleh, sudah dijelaskan diatas. ““Barang siapa yang mengaku sebagai anak kepada selain bapaknya atau menisbatkan dirinya kepada yang bukan walinya, maka baginya laknat Alloh, malaikat, dan segenap manusia.” lalu ““Barang siapa bernasab kepada selain ayahnya dan ia mengetahui bahwa ia bukan ayahnya, maka surga haram baginya”
    tapi kalo astuti rahmat/ibu rahmat/nyonya rahmat, dimana letak pengakuan astuti menasabkan dirinya kepada rahmat???

    mengutip penggalan diatas yang berbunyi “Berbeda dengan budaya barat, seperti istrinya Bill Clinton: Hillary Clinton yang nama aslinya Hillary Diane Rodham; istrinya Barrack Obama: Michelle Obama yang nama aslinya Michelle LaVaughn Robinso…n, dan lain-lain”. Hal ini berarti jelas bahwa Penamaan dalam islam adalah masuk konteks “budaya” bukan “syariat”. karna sebelum islam ada pun, budaya arab tentang penamaan adalah menambahkan nama bapak di belakang “bin” atau “binti”. dan budaya penamaan di tiap daerah berbeda, asalkan tidak melanggar syariat. indonesia sendiri punya budaya penamaan marga misalnya nasution, hutagalung, malarangeng, la ode dan lain2.

    Sedangkan Nasab adalah islam dalam konteks “syariat” yang nasab sendiri merupakan wujud dalam mensyukuri nikmat atas keturunan dan ada syarat2 untuk menentukan nasab.anak bernasab pada selain bapaknya itu tidak boleh dan dalam bernasab ada syarat2 yg harus terpenuhi… saya rasa nama tidak bisa diQiyaskan dengan nasab/nisbat…SUDAH JELAS “gak ada hubungannya”.

    mohon koreksinya. komentar saya didasari pandangan saya untuk berhati-hati “menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal”

    • hmm..patut dijawab dengan baik nih, input yang sangat menarik dari komentar diatas.

      Sekedar menambahkan, didalam Al-Qur’an maupun hadits, saya belum ketemu membaca adanya penggunaan nasab dari penyebutan nama junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, lebih sering hanya disebut nama nya : Muhammad

      kecuali riwayat2 yang membahas tentang asal usul beliau.

      Oleh karena itu perlu kita tahu juga hukum Nasab itu sendiri? tradisi kah atau syariatkah? apa hukumnya jika kita menggunakan atau tidak,krn dari hadits yang disebutkan diatas tidak ada anjuran melainkan larangan dan perlu dijabarkan pula “larangan yang bagaimanakah?”

      Mohon tanggapan bagi yang berkenan,trims.

    • menambahkan nama dengan menisbatkan memang berbeda..

      TS-nya mana ni? mohon kami yang faqir ini diberi penjelasan..

    • betul sekali bahwa tatabahasa perlu dicermati jadi jangan se-olah2, yang dimangsud dalam hukum islam tsb diatas adalah keturunan. jadi penambahan bukan nasab/nisbat, kalau laki2 ya “BIN” kalau perempuan ya “BINTI” yang berarti “ANAK atau KETURUNAN” langsung mengambil dari kakeknya pun tidak boleh, apalagi orang lain. kalau hanya penambahan apapun namanya tidak ada hukum yang melarang. tks. “SETUJU RAHASIA”

  5. baru tau nih ada hukumnya menambahkan nama suami dibelakang nama seorang wanita. thanks :)

  6. bismillaah.
    saya setuju dengan pendapat rahasia. sepemahaman saya yang tidak diperbolehkan adalah penashaban kepada orang lain.
    dan penambahan nama dibelakang nya tanpa disertai bin/binti atau anak dari….maka hanya merupakan nama keterangan saja. jadi tidak masalah.
    sedangkan penashaban saat ini sudah dikuatkan dengan adanya akte kelahiran. kalaupun anak akan diadopsi maka si anak tetap tidakbisa dianggap sebagai anak kandung si pengadopsi (itu kalau orangtua kandung anak diketahui).karena teman saya mengangkat anak mulai sianak baru lahir diteruskan pembuatan akta. jadi tetap tidak ada perubahan nashab.
    jadi menurut saya hadist diatas substansinya pada perubahan nashab bukan tentang penambahan nama dibelakang nama asli.
    waallau’alam.

  7. ani yudhoyono itu kalau di indonesia artinya ani istrinya yudhoyono. adat itu bisa ditetapkan sesuai usul fikih.

    • jangan dianggap pemimpin kita bagus…. kalo mereka ibtida’ sama orang kafir ya jangan ditiru..

  8. Dalam hadist tersebut hanya menyebutkan menisbatkan bukan menambah,,, menurut saya menisbatkan itu menambahkan kata “bin” atau “binti” di belakang nama supaya jelas nasab keturunannya, apabila itu di rubah maka baru itu mendapatkan laknat Allah,,,apabila menambah nama suami d belakang nama istri itu sah2 saja, Islam itu indah,,,,

  9. Setuju banget. Alhamdulillah sejak menikah sampai sekarang saya tetap memakai nama ayah saya di belakang nama saya. Dan memang sudah sejak dulu ayah saya menekankan hal tersebut kepada kami anak2 perempuannya. Izin share ya artikelnya, terima kasih.. :)

  10. cenderung degan pendapat ‘Rahasia’… Kalau menurut saya sebaiknya tidak perlu ditarik2 sehingga bisa melenceng dari arti/maksud kata(kata) yg terdaa di dalam dalil…

  11. saya baru tahu. terima kasih atas infonya.

    Kita di Indo banyak yang masukkan nama suami di belakang nama seorang istri.

  12. selama hanya penambahan apapun namanya termasuk julukan tidak masalah, jangan ada tambahan “BIN” atau “BINTI” selain “ayahkandung/ bapak kandung”

  13. lebih cenderung setuju dengan komen nya Rahasia ;)), lagi pula itu di ambil dari hadist2 yg d riwayatkan bukan dari ayat2 suci al-qur-an, jadi bagi saia menambahkan nama suami d belakang nama kita sbg seorang perempuan sah2 aja, bukan kah sebg perempuan setelah ber keluarga juga pengabdian kedua setelah kita mengabdi ke Allah itu kita harus mengabdi k suami? maaf jika komen saia salah :) sebab saia org yg masih perlu belajar tentang agama islam:)

  14. bener itu pak…..jadi yang boleh ditambahin diblakang nama istri adalah nama ayahmu………….

  15. Untuk TS coba cermati lagi, menambahkan nama tidak sama dengan menisbatkan.. jangan2 anda beranggapan bhwa keduanya memiliki arti yang sama. Jika demikian, anda salah.. mohon dikoreksi,karena bisa menyesatkan pemahaman orang..

  16. Saya sependapat dengan pendapat rahasia bahwa menambahkan nama suami TIDAK IDENTIK dengan menashabkan.

    Namun saya menganggap bahwa nama pemberian orang tua kita adalah yang terbaik, dan tidak layak diubah2. (Setahu saya cuma boleh diubah kalau namanya bermakna jelek).

    Menambah2i nama (walau nama suami) bagi saya termasuk mengubah nama diri, dan gak banget (saya seorang cewe). Walaupun suami adalah tempat taat nomor dua setelah Allah, dan orang yang sangat saya cinta dan hargai, saya tetap bangga memakai nama asli sendiri. (walau saya gak keberatan dipanggil istri NamaSuami, atau bu NamaSuami. :D )

  17. bagaimana dengan nama pena…? saya pake nama suami di belakang nama pena saya…

  18. lebih aman gunakan nama yg asli kita, kalu mau ta`zim, tabarruk, menghormati suami banyak cara lain yg sudah di ajarkan oleh syariat

  19. Misalkan seorang bernama Fulan A binti Fulan B lalu mengganti dengan Fulan A binti Fulan C maka jelas-jelas itu melanggar ketentuan hadits tersebut. Tetapi bila Fulan A binti Fulan B menikah dengan Fulan C lalu namanya ditulis Fulan A Fulan C maka tentu ia hanya ingin menyatakan bahwa nama saya Fulan A istri dari Fulan C, dan sama sekali tidak dimaksudkan untuk menyatakan Fulan A anak perempuan dari Fulan C.
    Namun sebagai seorang awam, saya tak berani menafsirkan hadist tersebut. Apakah ketika menambahkan nama suami termasuk dalam kategori melanggar ketentuan hadist tersebut atau tidak. Mudah-mudahan ada ahli tafsir hadits yang mau memberikan penjelasan.
    Justru yang saya khawatirkan adalah bila menambahkan nama suami (yang nota bene adalah budaya barat) termasuk dalam kategori tasyabbuh dengan orang kafir – sebagaimana dinyatakan dalam sebuah hadist :
    Imam Ahmad meriwayatkan dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya :

    “Kerendahan dan kekerdilan dijadikan pada orang yang menyelisihi perintahku. Barangsiapa yang meniru satu kaum, maka dia termasuk golongan mereka.”

    Hadits tersebut tentu membutuhkan penjelasaan dari ahli tafsir, meniru seperti apa yang dilarang termasuk apakah dalam hal struktur nama seeorang

    Logika saya sebagai orang awam cenderung memilih yang aman … Islam punya best practice dalam menjalani kehidupan yang dicontohkan Nabi Muhammad, SAW serta para shababat, dan sudah semestinya kita berusaha mengikutinya ….

  20. Saya faham bahwa ini adalah Fatawa al-Lajnah ad-Da’imah lil Buhutsil Ilmiyyah wal Ifta’ juz 20 halaman 379.

    Perlu diketahui bahwa Ayat Al-Qur’an (al-Ahzab 5) dan Hadits-hadits tersebut berkaitan dengan dengan masalah kedudukan Anak Angkat dalam Faroid (Waris-mewaris) dan Nashab (Hubungan darah). Fatwa itu tidak ada hubungannya dengan penamaan gabungan sebuah nama Istri dengan nama suami. Meskipun Istri bernama ASTUTI dan suami bernama AZIS, apakah nama ASTUTI AZIS merupakan bentuk PENGAKUAN dan MENISBATKAN DIRI bahwa ASTUTI adalah anak atau nashab AZIS?.

    Hadits dan Ayat Al-Qur’an di atas memiliki asbabul wurud dan asbabun nuzul untuk maksud mengikis habis tradisi Jahiliyah, dimana saat itu mulai dilarang mempersamakan status hukum anak angkat dengan anak kandung dalam masalah hak faroid dan hubungan pernikahan di masyarakat. Ketika Jaman Jahiliyah banyak terjadi persoalan hak waris dan masalah pernikahan karena penisbahan seorang anak kepada bukan walinya. Pada masa Arab jahiliyah ketika itu, banyak terjadi beberapa anak yang tidak dikenal siapa orang tuanya (mungkin hasil perzinahan, perkosaan atau bayi-bayi tawanan yang ditinggal mati/larinya orang tuanya dalam peperangan). Banyak anggota masyarakat yang tertarik untuk mengadopsi/mengangkatnya sebagai anak, lalu mereka menasabkan dan mengakui sebagai anak kandungnya. Akhirnya, orang yang mengangkat anak tersebut dan anak yang diadopsi tersebut dapat saling mewarisi. Akibatnya, banyak terjadi juga pernikahan antara dua saudara kandung karena salah satu saudara ini telah diangkat anak orang lain dan menisbahkan orang lain tersebut sebagai walinya. Penisbahan dan pengakuan yang keliru dan tidak sesuai dengan garis keturunan yang syah pada jaman Jahiliyah itu telah mengakibatkan persoalan-persoalan besar dalam masalah waris dan pernikahan dalam hukum dan masyarakat Islam.

    Seperti yang dikutip dalam Tafsir “Fi Zhilalil Qur’an oleh Sayyid Quthb, telah diriwayatkan bahwa Zaid Ibnul Haritsah al Kalbi berasal dari kabilah Arab. Dia ditawan pada saat kecil di suatu peperangan zaman Jahiliyah. Seorang bernama Hakim bin Hizam membeli anak kecil itu dan diberikannya kepada Siti Khadijah. Setelah Siti Khadijah menikah dengan Nabi Muhammad, Zaid kecil ini diberikan kepada Rasulallah. Suatu ketika, kemudian bapak kandung dan paman Zaid datang dan meminta agar Rasulallah membebaskan dan memberikannya kepada mereka kembali. Rasulallah memberikan hak penuh kepada Zaid untuk memilih apakah ikut Bapaknya atau ikut Rasulallah. Tetapi, Zaid akhirnya memilih ikut Rasulallah, yang kemudian Rasulallah mememerdekakan dan mengadopsinya sebagai anak. Sejak itu, masyarakat Arab ketika itu sering memanggil nama Zaid Ibnul Haritsah dengan panggilan Zaid bin Muhammad.

    Dengan latar belakang sejarah tersebut di atas, maka dari sinilah kemudian turun wahyu Al-Qur’an [QS al-Ahzab: 5] sebagai Asbaabun Nuzul (Diriwayatkan oleh al-Bukhori dari Ibnu Umar), sebagai petunjuk AGAR MEMANGGIL ANAK ANGKAT itu dengan memakai nama bapak kandungnya:

    “Panggilah mereka (anak-anak angkat itu) dengan (memakai) nama bapak-bapak mereka; Itulah yang lebih adil pada sisi Allah, dan jika kamu tidak mengetahui bapak-bapak mereka, Maka (panggilah mereka sebagai) saudara-saudaramu seagama dan maula-maulamu. dan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kamu khilaf padanya, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu. dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. [QS al-Ahzab: 5]

    Tujuan Ayat ini adalah membangun institusi keluarga dalam masyarakat dan hubungan keluarga serta darah menuju tatanan masyarakat yang harmonis, sehat, benar, terhormat dan adil. Lebih terhormat dan adil disisi Allah apabila anak-anak angkat itu dipanggil dengan nasab bapaknya. Perhatikan bunyi ayat selanjutnya“….Dan jika kamu tidak mengetahui bapak-bapak mereka, maka (panggilah mereka sebagai) saudara-saudaramu seagama dan maula-maula”. Ayat ini menunjukkan dan menerangkan bagaimana kacaunya dan kebejatan hubungan seksual kehidupan masyarakat jahiliyah ketika itu sampai-sampai anak-anak tidak dikenali lagi siapa bapak-bapak kandungnya. Apabila mereka (anak angkat) tidak diketahui siapa bapaknya dengan sebab apapun dalam masalah pewarisan dan nashab, maka panggillah mereka (anak-anak angkat) itu sebagai saudara-saudaramu seagama dan orang yang dekat denganmu (maula-maulamu) dalam mendudukkan perkara waris dan nashab.

    Coba perhatikan kelanjutan Surah al-Ahzab ayat 6 sebagai berikut:

    “Nabi itu (hendaknya) lebih utama bagi orang-orang mukmin dari diri mereka sendiri dan isteri-isterinya adalah ibu-ibu mereka. dan orang-orang yang mempunyai hubungan darah satu sama lain lebih berhak (waris-mewarisi) di dalam kitab Allah daripada orang-orang mukmim dan orang-orang Muhajirin, kecuali kalau kamu berbuat baik kepada saudara-saudaramu (seagama). adalah yang demikian itu telah tertulis di dalam kitab (Allah). [QS al-Ahzab: 6]

    Dari QS al-Ahzab: 6 ini jelas-jelas mempertegas membicarakan tentang bahwa pemanggilan nama-nama anak angkat dipanggil dengan nashab bapaknya adalah untuk masalah kedudukan Faroid (warisan) dan nashab (hubungan darah), bukan pemanggilan nama secara harfiah.

    Oleh karenanya, apabila ayat Al-Qur’an dan Hadits di atas diqiyaskan bahwa istri dilarang menambahkan nama suami di belakang namanya, maka hal itu tidak sesuai dengan maksud dan tujuan Hadits dan Al-Qur’an yang diturunkan oleh Allah. Istri menambahkan nama suami di belakang namanya, seperti Astuti Azis, bukanlah dia menjadikan istri tersebut sebagai anak sang suami, tetapi sebagai identitas atau kecintaan sang Istri kepada Suaminya, sepanjang tidak menghilangkan hubungan nasab dari Bapak kandung sang Istri dan tidak merubah kedudukan Istri dalam hukum Faroid dan Pernikahan.

    Yang perlu kita pertanyakan adalah: Kalau ada Qiyas terhadap Al-Qur’an dan Hadits di atas atau Fatwa yang melarang seorang Istri mencantumkan nama di belakangnya dengan nama suaminya, seperti ASTUTI AZIS, apa urgensi pentingnya terhadap kemaslahatan kehidupan ummat Islam selain untuk masalah Nashab dan Faroid? Apakah budaya atau adat masyarakat suatu wilayah tertentu harus mengikuti adat masyarakat Arab, sementara Islam sebagai Rahmatan Lil A’lamin? Perlu diketahui bahwa Allah SWT menentukan hukum Halal dan Haram PASTI memiliki kemaslahatan dan kemudhorotan, bukan hanya dogma “Dosa dan Neraka” yang hanya didasarkan tafsir dan qiyas yang lebih cenderung bersifat subyektif. Juga, budaya dan adat tidaklah sama dengan Syari’at Islam. Sepanjang budaya dan adat suatu masyarakat tidak bertentangan dengan hukum syari’at yang digariskan secara Nash dalam Al-Qur’an dan Hadits tentang pelarangannya secara Nash juga, maka syah-syah saja diberlakukan.

    Kalau Qiyas atau tafsir dari dalil di atas diberlakukan secara serampangan, maka bagaimana hukumnya ketika Rasulallah sering memanggil nama sahabat-sahabatnya dengan nama lainnya, bukan hanya menambahkan saja, seperti: Abu Hurairah (Artinya = Bapaknya Kucing) yang nama aslinya adalah Abdullah bin Amin dan ada pula yang mengatakan nama aslinya ialah Abdur Rahman bin Shakhr. Apakah panggilan Abu Hurairah itu Rasulallah dan Abu Hurairah menisbatkan dan mengakui sebagai Bapaknya Kucing? Lalu panggilan julukan istri Rasulallah “Aisyah” adalah Ummi Mukminin (Ibunya orang-orang mukmin) dan Rasulallah sering memanggilnya “Khumairo” (Pipi yang kemerah-merahan), kenapa Rasulallah tidak memanggilnya Aisyah binti Abu Bakar?

    Budaya itu bukan Syari’at, dan sebaliknya Syari’at itu bukan budaya karena syari’at adalah ketentuan yang digariskan oleh Allah melalui Nash Al-Qur’an dan Hadits, sedangkan Budaya adalah hasil perilaku dan kesepakatan sekelompok masyarakat dalam suatu tempat tertentu. Qiyas itu merupakan penerapan hukum analogi terhadap hukum sesuatu yang serupa karena prinsip persamaan illat akan melahirkan hukum yang sama pula. Tapi perlu diketahui, dalil tentang hukum AGAR MEMANGGIL ANAK ANGKAT atau PENGAKUAN itu dengan memakai nama bapak kandungnya, dan MENISBATKAN DIRI selain walinya tidak bisa diserupakan, dianalogikakan atau diqiyaskan serupa dengan PENAMBAHAN NAMA SEORANG ISTRI DENGAN NAMA SUAMINYA yang tidak ada unsur dengan penisbatan diri atau pengakuan memiliki hubungan nashab.

    Semoga kita tidak terjebak dengan pemakaian kata Bahasa Arab “bin atau binti” dalam menafsirkan dan mengqiyas Al-Qur’an maupun Al-Hadits dalam konteks budaya dan syari’at.

  21. Alhamdulillah jelas sdh skrg ,berarti tidak apa2 istri menggunakan nama suami dibelakang namanya hanya untuk menunjukkan bahwa ini lho saya istri dari suami saya yg namanya dibelakang nama saya hanya sebutan saja bukan nama keturunan
    ,trims atas infonya

    • السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
      Mohon maaf sbelumnya, pendapat diatas dri rahasia dan amin aminuddin kn pendapat mereka bukan bukan dari ijma’ dri ulama.
      Bukan berarti sy tdk menghargai pandangan sdr2 sekalian.
      Alangkah lebih baiknya bila kita tdk langsung menyimpulkan bahwa penafsiran hadist ini sudh jelas dri pendapat sdr2 sekalian karena ijma’ ulama lh yg dbuat jd kesimpulan.

      Terimakasih

  22. ass. Dalam keluarga kami mengangkat anak laki2 usia 11 tahun hingga beliau meninggal diusia 42 thn. Semasa hidupnya, kami tidak pernah bertanya siapa nama ayah kandungnya. Beliaupun tdk pernah menceritakan kehidupan masa kecilnya sampai akhirnya tutup usia. Yg ingin kami tanyakan, pada nisan beliau sebaiknya kami tuliskan bin apa ya ?? Misalkan namanya rozak, maka harus kami namakan rozak bin siapa?? Mhn balasannya, penting bagi kami. Tks

    • Seseorang yang tidak diketahui asal usulnya hanya boleh dinisbahkan dengan bin abdullah maksudnya anak hamba Allah tanpa menyebutkan nama seseorang, syukran.

  23. Bagaiman hukum seorang Istri Atau suami yang berasal dari agama yang berbeda? Menisbatkan ke pada siapa Nasab Mereka? secara Orang Tua Mereka adalah Orang non Muslim. apakah tetap bin atau binti orang tua kandung mereka?Mohon bantuan Jawabannya….

    • Tetap menisbahkan nama ayahnya walaupun ayahnya tidak beragama Islam. Karena diharamkan menghapus hubungan nasab seseorang.atau menambahkan nasab yg bukan menjadi nasan keturunannya ini sesuai dengan larangan menisbahkan nama anak kepada yg bukan nama orang tuanya. Wallahu aklam bisshowwab.

  24. Bagi saya yang orang awam, saya tidak mau istri saya menambahkan nama saya di belakang namanya, karena yang lebih utama adalah nama ayahnya yang harus ada di belakang namanya. Ini salah satu cara yahudi untuk bisa masuk dan merusak aqidah Umat islam, yang membiasakan hal yang tidak biasa dan tidak seharusnya. Seharusnya kita berfikirapakah dizaman nabi Muhamad ada hal-hal semacam ini?

    • Yang halal itu jelas, yang haram itu jelas, diantara itu ada subhad. Agar tidak mudah jatuh ke haram lebih baik tinggalkan subhad. Kalau menurut pendapat kita hal yang disubhadkan halal ternyata oleh Allah swt haram kitalah yang akhirnya rugi.

  25. Syeikh Muhammad Shaleh al Munjid mengatakan bahwa tidak ada hubungan nasab antara suami dan istri lantas bagaimana bisa digandengkan kepada nasabnya lalu bagaimana jika dia diceraikan atau suaminya meninggal dunia atau wanita itu menikah dengan lelaki lain maka apakah nasabnya terus dirubah setiap kali wanita menikah dengan lelaki lain? (al Islam Sual wa Jawab)

    • Betul Mas Syarif, bila nama suami di belakang nama istri, maka setiap cerai dan nikah lagi pasti ganti nama baru pula, repot amat.. Lebih baik nama istri itu pakai nama ayah kandung aja di belakangnya, gak merepotkan orang2 di kelurahan, hehe..

  26. Assalamu’alaikum. Alhamdulillah. Setuju sekali dan di dalam keluarga kami sudah dari dulu menempatkan nama ayah di belakang nama anak-anak-nya termasuk saya dan adik saya dan berlanjut ke anak-anak kami baik laki-laki maupun perempuan dan cucu-cucu kami dari anak laki-laki. Terima kasih atas tauziyah dan artikelnya, semoga bermanfaat.

  27. Dalam surat At-Tahrim 10-11, Allah ada menyebut tentang “nyony” Nuh/Luth dan Fir’aun. “imra`atu Nuh (istrinya nabi Nuh) dst…

    Allah tidak bisa ditipu. Itu saja sudah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s