Keistimewaan Perempuan

Posted: 26/08/2010 in Renungan
Tags: , , ,

Di bawah ini adalah beberapa keistimewaan perempuan dalam Islam yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadits. Bisa dilihat bahwa sosok perempuan dalam Islam adalah sosok yang begitu dimuliakan. Yuk kita lihat apa saja keistimewaannya..

01. Perempuan (wanita) wajib untuk menaati suaminya, tetapi sang suami (laki-laki) wajib menaati (berbuat baik) kepada ibunya 3 kali lebih utama dari bapaknya (laki-laki). Bukankah ibu adalah seorang perempuan (wanita)?

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, dia berkata, “Seorang lelaki pernah mendatangi Rasulullah saw., lalu dia berkata, ‘Wahai Rasulullah saw., siapakah orang yang paling berhak aku perlakukan dengan baik?’ Rasulullah saw. menjawab, ‘Ibumu.’ Lelaki itu bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Rasulullah saw. menjawab, ‘Ibumu.’ Lelaki itu bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Rasulullah saw. menjawab, ‘Ibumu.’ Lelaki itu bertanya (lagi), ‘Kemudian siapa lagi?’ Rasulullah saw. menjawab, ‘Bapakmu.’” (HR. Bukhari dan Muslim)


02. Perempuan merupakan tempat untuk mendapatkan ketentraman. Kecenderungan kaum laki-laki untuk mencari dan mendapatkan ketentraman adalah pada kaum perempuan (istrinya).

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-NYA adalah DIA menciptakan untuk kalian istri-istri dari jenis kalian sendiri, agar kalian cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-NYA di antara kalian rasa cinta dan kasih sayang. (QS. Ar-Ruum [30]: 21)

DIAlah yang menciptakan kalian dari satu jiwa, dan dari jiwa itu DIA menjadikan istrinya agar ia merasa tenteram kepadanya … (QS. Al-A’raaf [7]: 189)

03. Perempuan yang sholihah merupakan perhiasan terbaik di dunia.

Dunia ini adalah perhiasan/kesenangan dan sebaik-baik perhiasan/kesenangan dunia adalah wanita yang sholihah. (HR. Muslim, Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad)

Sesungguhnya dunia ini adalah perhiasan dan tidak ada di antara perhiasan dunia yang lebih baik daripada wanita yang sholihah. (HR. Ibnu Majah)

Sesungguhnya dunia ini seluruhnya adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang sholihah. (HR. Ahmad)

04. Perempuan yang meninggal karena melahirkan tergolong mati syahid

Ini berdasarkan hadits yang diberitakan dari Ubadah ibnush Shamit radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wassalam menjenguk Abdullah bin Rawahah yang tidak bisa beranjak dari pembaringannya, kemudian beliau bertanya :

“Tahukah kalian siapa syuhada dari ummatku? orang-orang yang ada menjawab: “Muslim yang mati terbunuh” beliau bersabda: Kalau hanya itu para syuhada dari ummatku hanya sedikit. Muslim yang mati terbunuh adalah syahid, dan mati karena penyakit kolera adalah syahid, begitu pula perempuan yang mati karena bersalin adalah syahid (anaknya yang akan menariknya dengan tali pusarnya ke surga)” (HR. Ahmad, Darimi, dan ath-Thayalusi, menurut Imam Ahmad ada periwayatan seperti itu melalui jalur sanad lain dalam Musnad-nya.)

05. Perempuan dijaga dan dilindungi kehormatannya dalam Islam.

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya … (QS. An-Nuur [24]: 31)

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan ALLAH adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Ahzab [33]: 59)

Tidak boleh seorang Laki-laki berdua-duaan dengan seorang wanita dan tidak boleh seorang wanita melakukan perjalanan/safar (selama sehari semalam), kecuali jika disertai mahram-nya. (HR. Bukhari)

Tidak halal seorang wanita berpuasa (sunnah), sementara suaminya menyaksikannya, kecuali dengan izinnya. Tidak halal baginya mengizinkan masuk (kepada orang lain) di rumahnya, kecuali dengan izin suaminya. Tidak halal pula baginya membelanjakan harta suaminya tanpa seizin suaminya, karena sesungguhnya harta yang ia belanjakan tanpa seizin suaminya harus ia kembalikan kepadanya separuhnya. (HR. Bukhari)

Betapa beruntung dan istimewanya kalian wahai perempuan! Berbahagialah betapa Islam begitu memuliakan dirimu..

NB: Bagi teman-teman yang ingin menambahkan keistimewaan perempuan yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadits, silahkan ditambahkan.. :)

About these ads
Comments
  1. senyumanpagi says:

    Islam memuliakan wanita semasa kecilnya, ketika remajanya dan saat ia menjadi seorang ibu.
    1.“Siapa yang memelihara dua anak perempuan hingga keduanya mencapai usia baligh maka orang tersebut akan datang pada hari kiamat dalam keadaan aku dan dia1 seperti dua jari ini.” Beliau menggabungkan jari-jemarinya. (HR. Muslim no. 6638 dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu)

    2.“Siapa yang diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuannya lalu ia berbuat baik kepada mereka maka mereka akan menjadi penghalang/penutup baginya dari api neraka.” (HR. ِAl-Bukhari no. 1418 dan Muslim no. 6636)
    Kata Al-Imam An-Nawawi rahimahullahu dalam penjelasan atas hadits di atas: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutnya dengan ujian (ibtila`), karena manusia biasanya tidak menyukai anak perempuan (lebih memilih anak lelaki).

    3.Wanita diberi hak untuk menentukan pendamping hidupnya dan diperkenankan menolak calon suami yang diajukan orang tua atau kerabatnya bila tidak menyukainya. Beberapa hadits di bawah ini menjadi bukti:
    Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
    “Tidak boleh seorang janda dinikahkan hingga ia diajak musyawarah (dimintai pendapatnya), dan tidak boleh seorang gadis dinikahkan hingga diminta izinnya.” Para sahabat berkata: “Wahai Rasulullah, bagaimanakah izinnya seorang gadis?” “Izinnya adalah dengan ia diam”, jawab Rasulullah. (HR. Al-Bukhari no. 5136 dan Muslim no. 3458 dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

    4.“Wahai Rasulullah, siapakah di antara manusia yang paling berhak untuk aku berbuat baik kepadanya?” Rasulullah menjawab, “Ibumu.” “Kemudian siapa?” tanyanya lagi. “Ibumu,” jawab beliau. Kembali orang itu bertanya, “Kemudian siapa?” “Ibumu.” “Kemudian siapa?” tanya orang itu lagi. “Kemudian ayahmu,” jawab Rasulullah. (HR. Al-Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 6447)

    Laki-laki Biasa: Makasih ya Mei tambahan haditsnya.. :)

  2. indahnya jadi perempuan….
    hihiihi…
    paling seneng deh kalo ada tulisan tentang perempuan…..
    semoga keistimewaan itu membuat perempuan perempuan bersyukur atas nikmat itu…..
    amien…

    ^_^

    *masih tetep point2 yah kang? :mrgreen:

    Laki-laki Biasa: Perempuan memang sangat di muliakan dalam Islam, oleh karena itu janganlah sampai menghinakan diri.

    Hehehe.. iya nih, seperti biasa.. ajarin nulis donk.. :)

  3. Iren says:

    Setuju dengan neng indah..
    Bersyukur jadi seorang muslimah..perhiasan paling indah dengan akhlaqnya..

    Laki-laki Biasa: Semoga kaum perempuan semakin banyak yg menyadari kalo diri mereka begitu mulia.. :)

  4. Rindu says:

    Andai semua perempuan menyadari keindahannya, namun sayang tak semua perempuan, ada Ibu yang tak pantas menjadi Ibu yang membuang bayinya dan membunuhnya, ada perempuan yang menjadi kupu kupu malam demi uang, ada perempuan yang tega menjajakan diri demi kepuasan hewaninya …

    ah andai semua perempuan tahu kelebihan2 yang diberikan oleh ALLAH :(

    Laki-laki Biasa: Iya, seandainya mereka tahu betapa Islam begitu memuliakan diri mereka tentunya mereka akan menjaga diri mereka dengan sebaik-sebaiknya. Semoga Ade bisa menjadi panutan bagi banyak perempuan di sekeliling Ade yah.. amin yaa ALLAH..

  5. nurhayadi says:

    Islam begitu menjunjung tinggi kehormatan wanita.

    Laki-laki Biasa: Iya.. seperti pada poin no. 5 di atas :)

  6. kawanlama95 says:

    Assalamualaikum saudaraku,sudah lama ga kesini

    mari kita renungkan apa yang selama ini kita lakukan terhadap ibu kita.. apakah kita sudah berbakti kepada Ibu kita?

    Atas nama Masjid muammar Qaddafy kami mengundang untuk itikaf 10 hari terakhir . untuk informasi silahkan baca di <a href="http://kawanlama95.wordpress.com/2010/08/30/program-itikaf-10-hari-terakhir-masjid-muammar-qaddafi/

    Laki-laki Biasa: Wa’alaikumsalaam wr.wb., bang..
    Apa kabarnya nih?
    Semoga kita menjadi anak2 yang berbakti kepada orang tua kita.. amiin..

  7. [...] diberi satu nama: “anakku tercinta” Wahai perempuan, kalian adalah makhluk yang mulia, makhluk yang istimewa.. jagalah diri dan hati kalian sebagaimana mestinya. Duhai Ibu, jasa dan pengorbananmu untuk kami [...]

  8. nh18 says:

    Perempuan memang mulia …
    dan oleh sebab itu …
    kemuliaan tersebut harus senantiasa di jaga …
    baik oleh pria …
    maupun terutama oleh dirinya sendiri

    salam saya Kang

    Laki-laki Biasa: Iya bener Om, karena terkadang perempuan juga banyak yg kurang menjaga dan menghargai dirinya sendiri..

  9. gamis murah says:

    Segala Puji bagi Tuhan Alam Semesta Allahu Ta’ala yang mengabarkan kebaikan-kebaikan
    agar aku dan kalian mengambil manfaat dari kebaikan dan berbagi untuk sesama.
    Salam Kenal dari Kami GAMIS MURAH

    Thx infonya :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s