Pakaian Yang Baik Untuk Sholat

Posted: 24/08/2010 in Others, Tips-tips Menarik
Tags: , , , ,

Setiap orang kalo mau bertemu kekasih dan pujaan hati pasti akan berusaha untuk tampil oke, mengenakan pakaian yang bersih, rapi, pantas dan wangi. Bagaimana kalo mau ketemu KEKASIH yang sejati? Demikian juga ketika dijamu oleh rekan kerja atau boss.. pasti akan mengenakan pakaian yang rapi, bersih dan bagus. Bagaimana kalo kita akan menghadap-NYA, bertemu-NYA? Apakah pakaian yang kita kenakan sudah rapi, bersih dan pantas?

Karena menghadap Dzat yang telah menciptakan kita, “BOSS” dari segala boss maka sudah sepatutnya pakaian yang kita pakai untuk sholat adalah pakaian yang bersih, rapi, bagus, pantas dan wangi (jika ada). Kriteria pakaian yang pantas di sini adalah bukan menurut pendapat dan keinginan kita sendiri. Nah agar gak salah dalam memilih dan menilai pakaian yang pantas kita kenakan untuk sholat ada baiknya kita merujuk pada kriteria-kriteria pakaian yang dianggap pantas dan baik untuk sholat oleh Rasulullah saw.

01. Menutup Aurat
Pakaian yang dikenakan untuk sholat haruslah menutup seluruh bagian aurat. Bagian aurat laki-laki adalah dari pusar hinga lutut, sedangkan aurat perempuan meliputi seluruh bagian tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan. ALLAH SWT berfirman,

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid[534](QS. Al-A’raaf [7]: 31)

[534]. Maksudnya: tiap-tiap akan mengerjakan sembahyang atau thawaf keliling Ka’bah atau ibadat-ibadat yang lain.

Rasulullah saw. bersabda,

Dari Salamah bin Al-Akwa’ berkata, “Ya Rasulullah, saya adalah seorang pemburu, saya idak memiliki pakaian kecuali satu ini saja, apakah saya boleh sholat dalam satu lembar pakaian?” Rasul menjawab: “Boleh, tapi kancingkan ia meskipun hanya dengan duri.” (HR. An-Nasa’i)

Maksud dari mengancingkan dengan duri dalam hadits di atas adalah agar pakaian tersebut gak terbuka. Karena, pakaian dimaksudkan untuk menutupi aurat agar gak terlihat orang lain.

02. Pakaian Yang Bersih
Bersih di sini adalah besih dari najis dan kotoran. Islam sangat menghargai kebersihan, sebagimana sabda Rasulullah saw.,

Dari Aisyah ra., Rasulullah saw. bersabda, “Islam adalah agama yang bersih. Maka jagalah kebersihan karena tidak akan masuk ke dalam surga kecuali orang yang bersih.”(HR. Ath-Thabrani)

03. Bukan Pakaian Sutra atau Yang Mengandung Sutra
Islam mengharamkan sutra bagi laki-laki, ini terdapat dalam hadits berikut ini.

Dari Abdurrahman bin Abi Laila, Rasulullah saw. bersabda: “Janganlah kalian mengenakan sutra atau pakaian yang dibuat dari sutra…” (HR. Al-Bukhari)

Seperti kita ketahui pakaian yang terbuat dari bahan sutra terlihat lebih ‘mewah’ jika dibandingkan pakaian dari bahan lain. Secara sosial ‘kemewahan’ ini dapat menimbulkan jurang antara si kaya dan si miskin.

04. Pakaian Yang Berwarna Putih
Rasulullah saw. mengungkapkan bahwa pakaian putih, polos dan bersih adalah pakaian terbaik.

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah saw. bersabda, “Pakailah pakaian yang berwarna putih. Sesungguhnya itu adalah sebaik-sebaik pakaian yang kalian gunakan. Dan kafankanlah orang yang meninggal dengan pakaian putih.” (HR. At-Tirmidzi)

05. Tidak Mencolok
Ini masih berkaitan dengan poin no. 04 di atas. Jika gak ada pakaian yang berwarna putih maka jangan menggunakan pakaian yang warnanya mencolok. Rasulullah saw. bersabda,

Dari Ali bin Abi Thalib, ia berkata, “Aku dilarang oleh Rasulullah saw. mengenakan cincin emas, memakai pakaian yang bertenun sutra, memakai pakaian yang mencolok, dan membaca Al-Qur’an ketika rukuk.” (HR. An-Nasa’i)

Pernah ngga saat sholat berdiri di belakang orang yang memakai pakaian yang mencolok? Gimana rasanya? Gak nyaman kan, karena sedikit banyak hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi ibadah kita.

06. Tidak Mengenakan Pakaian Yang Bergambar
Pakaian yang bergambar dibenci Rasulullah saw. karena dapat menggangu kekhusyu’-an sholat, baik kekhusyu’-an jamaah maupun kita pribadi. Dalam hadits yang diriwayatkan Aisyah ra., pernah suatu ketika Rasulullah saw. mengenakan pakaian yang bercorak. Ketika sholat beliau sempat melihat corak itu. Maka, ketika selesai, beliau berkata:

“Bawalah baju ini ke Abu Jahm bin Hudzaifah, lalu berikanlah aku pakaian tebal yang polos. Karena baju ini membuatku lengah ketika sholat tadi.” (HR. Muslim)

07. Didapat Dari Hasil Yang Halal
ALLAH SWT hanya menerima ibadah seseorang yang berasal dari seuatu yang halal. Hal ini dianalogikan dari kisah sedekah dalam hadits berikut ini:

Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah saw. bersabda, Hendaknya orang bersedekah dengan harta yang halal meskipun hanya sebutir kurma. ALLAH tidak menerima ibadah kecuali dari yang halal. ALLAH akan menerimanya dengan kekuasaan-NYA kemudian menambahkannya menjadi lebih, sebagaimana salah satu dari kalian mengembangkan harta. Maka kemudian harta itu dijadikan banyak seperti bukit.” (HR. Al-Bukhari)

Yuk kita perbaiki sikap berpakaian kita saat “menghadap-NYA”.. :)

About these ads
Comments
  1. nh18 says:

    Kang …
    Yang begini ini gua demen banget …
    Hal – hal praktis sehari-hari ,,,
    ‘namun kita suka lupa bahwa ada hadits-hadits yang mengatur …

    So … Putih – Tidak Menyolok – Tidak Bergambar …

    Apapun yang bisa berpotensi mengganggu konsentrasi dan fokus … sebaiknya dihindari

    Salam saya

    Laki-laki Biasa: Hal-hal yang sederhana ya Om.. tapi mungkin kita gak banyak tahu tentang hal ini..

    • Kak Zen says:

      Setuju sama Om NH…pakaian sholatnya juga kebanyakan putih..polos… :)

      Laki-laki Biasa: Mengikuti sunnah Rasul kalo begitu.. :)

  2. kalo sekarang banyak muslimah yang memakai mukena berwarna warni… itu termasuk mencolok ga yah kang? :D

    Laki-laki Biasa: Udah sering trend fashion dipaksakan masuk ke agama, contohnya mukena yang berwarna-warni.. padahal sudah dianjurkan oleh Rasulullah saw untuk berpakaian putih saja. Untung kain kafan warnanya semua putih.. kebayang gak kalo kain kafan warnanya bukan putih? :)

  3. didot says:

    baru tau soal tidak menyolok…

    thanks atas sharingnya ini,namun sebaik2 pakaian adalah pakaian takwa, bukankah demikian mas duddy?

    Laki-laki Biasa: “… Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. Al-A’raf [7]: 26)

  4. kiki says:

    Kalau yang lebih baik itu, selain warna putih, potongan tangan panjang atau tangan pendek ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s