30 comments on “Sahur Yuk..!

  1. jadi pengen cepet2 puasa nih.

    salam kenal gan. :)

    Laki-laki Biasa: :) sebentar lagi..
    Salam kenal juga Mas Hanafi, makasih sudah mampir.. :)

    • tinggal besok mas…hehe :)

      Laki-laki Biasa: Iya nih Kak.. gak terasa yah? :)

  2. Iya, memang seperti itu, ada banyak fadhilah (keutamaan) di dalam sahur. Sekalipun bukan kewajiban, tapi sahur adalah sunnah yang sangat ditekankan oleh Rasulullah, uswah kita. Ditambah lagi, itu bagian dari upaya tidak mendzalimi tubuh kita. Karena sahur akan sangat berdampak positif dalam mekanisme metabolisme tubuh kita.

    Berkaitan dengan imsak, sepengetahuan saya, imsak adalah menahan. Dan muslimah menerapkannya ketika tak ada penghalang lagi bagi dia untuk berpuasa, maka dia harus menahan. Contohnya ketika dia sudah suci dari haid saat siangnya, maka dari siang hingga sore dia harus menahan, karena tak ada lagi yang menghalangi dia untuk menahan diri, sekalipun tak terhitung puasa dan tetap harus menggantinya di lain waktu. Wallahualam

    Laki-laki Biasa: Dan dianjurkan pula untuk makan sahur dengan makanan yang bergizi..

    Mengenai imsak, iya benar.. artinya menahan, menahan diri. Rasulullah saw. bersabda, “Makan dan minumlah sampai kedengaran Ibnu Ummi Maktum adzan. Sesungguhnya dia tidak akan adzan sebelum terbit fajar. (HR. Bukhari dari A’isyah ra.)
    Jadi memang pada jaman Rasulullah saw. “tidak dikenal” adanya imsak. Jika dari hadits di atas, batasan imsak (menahan diri tidak makan dan minum) sebenarnya adalah adzan Subuh itu sendiri.

  3. Kalau Ade jarang sahur kalo puasa, tapi bukanya langsung “ngamuk” hasilnya sakit peyut :P

    Laki-laki Biasa: Diusahakan untuk sahur De, karena begitu banyak fadhilahnya.. Sampe ngamuk gitu emang Ade melihara naga yah? :D :P

  4. Pingback: Puasa ala Rasulullah saw. Yang Berkualitas « Laki-laki Biasa

  5. rindunya menikmati ramadhan………………………….
    Semoga Allah swt mengizinkan kita semua utk kembali menikmati indahnya ramadhan,amin
    salam

    Laki-laki Biasa: Amin yaa ALLAH.. Gak terasa bun, besok kita udah mulai berpuasa.. alhamdulillah, masih diberikan kesempatan untuk menikmatinya.. :)

  6. yupi… secara ilmu kesehatan sahur penting loh.. :D

    apalagi buat indah dan temen2 yang punya sakit maag……
    eheheehehe.. bisa ga khusyuk puasanya kalo ga saur.. :D

    yuk.. bebrapa jam lagi kita saur yuukkkk :)

    Laki-laki Biasa: Jangan tinggalin sahur meski hanya dengan seteguk air, terlalu banyak fadhilah-nya.. rugi banget kalo sampe kehilangan sahur :)

  7. Pingback: Pohon Ramadhan « Laki-laki Biasa

  8. Lah kalo misalnya ni qt mw saur trus bli makanan titip m temen habis tmen balik beli makan, t ktiduran n susah dbangunin mpe adzan subuh. Lah karena takut mubazir makana g da yg makan n kbuang, tu makanan dmakan sm qt pas itu jg. Puasany gmna???

    Laki-laki Biasa: Coba lihat dan telaah lagi hadits di atas.. Dari hadits di atas -menurut pemahaman saya- yg diperbolehkan untuk meneruskan makan sahur adalah dalam kondisi di mana saat kita SEDANG makan sahur lalu terdengar adzan, maka boleh diteruskan makannya. Tetapi kalo kondisinya baru mulai makan sahur saat adzan atau setelah adzan ya itu mah menyalahi aturan yg ada. Islam itu mudah, tapi bukan untuk dimudah-mudahkan apalagi dipermainkan. Kalo memang tidak ada atau tidak sempat makan nasi.. masih bisa sahur dengan seteguk air, insya ALLAH tetap akan mendapatkan fadhilah yg sama dengan makan sahur yg lainnya.. Wallahu a’lam..

  9. Pingback: Di Balik Puasa Sunnah Senin-Kamis « Laki-laki Biasa

  10. jadi pengend lebih rajin lagi puasa sunnah, dengan tidak meninggalkan sahurnya… :-D

  11. Pingback: Di Balik Puasa Sunnah Senin-Kamis…. « Ustadchandra's Blog

  12. Pingback: Puasa ala Rasulullah saw « migislamfriendly

  13. Pingback: Hikmah dibalik Puasa Senin-Kamis » Artikel Arunals

  14. Pingback: Hikmah Puasa Senin Kamis « Sophiesabrina's Blog

  15. Pingback: Hikmah puasa sunnah : KaLAM FK UGM

  16. Pingback: Ciri ciri wanita solehah « yulistmikpringsewu

  17. Apa Anda sudah mengerjakannya?
    Kegiatan ini hanya dikerjakan pada bulan Ramadhan.
    Ini adalah Ramadhan tahun 2010.
    Anda sudah lewat selama 2 tahun yang lalu.
    Nantikan di tahun-tahun berikutnya.

  18. Pingback: Di balik puasa sunnah senin-kamis « chachantie

  19. Pingback: Rahasia dan Manfaat Puasa Senin Kamis | Aufklarung

  20. Gimana yaCh kloe lupa niat puasa s’t mau tidur dan bgun kesiangan jd gaa sa’ur
    blehkah melanjutkan puasa krn pgen bget puasa

    • Ngga apa2..silahkan puasa aja, yang penting sudah niat di malam sebelum tidur. Kalo sahur itu bukan syarat sahnya puasa, tapi memang dianjurkan untuk sahur, krn ada keberkahan di dalam sahur.

  21. Pingback: NABI DAN RASUL « cianjurbersatuaman

  22. KALAU waktu puasa siangnya berkelahi karena ada masalah yg tdk di inginkan gimana tuuu.hukumnya puasanya sah apa kagac ya,bolh die lanjutin pa tidak puasnya..tolong donk kasih jawaban nya…..trimakasih???

  23. Pingback: Keajaiban Puasa Senin Kamis | Islamic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s