Sahur Yuk..!

Posted: 04/08/2010 in Kesehatan, Tahukah Anda
Tags: , , , ,

Setelah beberapa postingan terakhir (tentang puasa Ramadhan) saya me-republish postingan-postingan lama. Hari ini saya mencoba untuk menampilkan tulisan baru. Masih berkaitan juga dengan puasa, tentang SAHUR. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Jika ada kesalahan atau kekurangan mohon dikoreksi, karena yang salah adalah datangnya dari saya, dari kekurangan ilmu saya. Dan yang benar datangnya hanyalah dari ALLAH Azza Wa Jalla..

Makan sahur adalah makan pada dini hari (mendekati fajar sebelum masuknya waktu shalat Subuh). Makan sahur dilakukan oleh orang yang hendak melakukan ibadah puasa. Tapi mungkin ada sebagian dari kita yang suka melewatkan atau bahkan agak menyepelekan sahur, mungkin karena ngantuk, masih kenyang, dll. Padahal makan sahur bukan hanya sekedar makan agar saat berpuasa gak merasa lapar. Begitu banyak berkah dari sahur itu sendiri. Rasulullah saw. bersabda,

Sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur terdapat barakah. (HR. Bukhari)

Secara eksplisit hadits di atas telah memerintahkan sahur bagi muslim yang hendak berpuasa. Tapi hukum sahur bukanlah wajib, melainkan sunnah. Jadi kalo ada muslim yang terlupa sahur, tetapi ia sempat berniat sebelum tidur lalu kemudian tetap berpuasa wajib pada bulan Ramadhan, maka puasanya tetap sah.

Hikmah dan Keutamaan Sahur

Makan sahur mempunyai beberapa hikmah dan keutamaan, antara lain:

  • Dalam sahur terdapat berkah; Rasulullah saw. bersabda,

Sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur terdapat barakah. (HR. Bukhari)

Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata dalam kitabnya (Fathul Bari, 4/166): “Dan yang utama (dari tafsiran “barakah” yang terdapat dalam hadits) sesungguhnya barakah dalam sahur dapat diperoleh dari beberapa segi, yaitu:
- Mengikuti Sunnah Nabi
- Menyelisihi ahli kitab
- Menambah kemampuan untuk beribadah
- Menambah semangat
- Mencegah akhlak yang buruk yang timbul karena pengaruh lapar
- Mendorong bersedekah terhadap orang yang meminta pada waktu sahur atau berkumpul bersamanya untuk makan sahur
- Merupakan sebab untuk berdzikir dan berdoa pada waktu mustajab
- Menjumpai niat puasa bagi orang yang lupa niat puasa sebelum tidur

  • Memperoleh pahala dari ALLAH SWT; karena hukum sahur adalah sunnah, maka bagi yang mengamalkannya insya ALLAH akan mendapatkan pahala dari ALLAH SWT.
  • Memperoleh kekuatan fisik pada saat berpuasa; Muslim yang mengamalkan makan sahur insya ALLAH akan mendapatkan kekuatan fisik pada siang hari dalam menghadapi lapar dan haus saat sedang berpuasa. Rasulullah saw. bersabda,

Mohonlah kepada ALLAH kekuatan melalui sahur agar memperoleh kekuatan dalam melaksanakan puasa di siang hari. (HR. Hakim)

  • Sahur adalah pembeda antara umat muslim dengan umat Nasrani; Dari Amr bin ‘Ash ra., Rasulullah saw. bersabda,

Pembeda antara puasa kita dengan puasanya ahli kitab adalah makan sahur. (HR. Muslim)

  • ALLAH SWT dan para Malaikat-NYA bershalawat atas orang-orang yang bersahur; Rasulullah saw. bersabda,

Semua sahur adalah barakah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walaupun di antara kalian hanya meneguk air. Sesungguhnya ALLAH dan para malaikat-NYA bershalawat atas orang-orang yang melakukan sahur. (HR. Ahmad, dan al-Mundziri)

Waktu Makan Sahur

Banyak dari kita mungkin sudah mengetahui bahwa waktu makan atau santap sahur itu adalah dari pertengahan malam hingga terbitnya fajar. Dan ini juga yang disepakati oleh para ulama fikih. Meski waktu makan sahur tersebut relatif agak panjang, namun disunnahkan untuk mengakhirkan waktu makan sahur. Rasulullah saw. bersabda,

Umatku senantiasa memperoleh kebaikan dari berbuka yang mereka segerakan dan sahur yang mereka perlambat. (HR. Ahmad bin Hanbal)

Batas waktu akhir sahur seperti yang ditetapkan oleh Jumhur Ulama Fiqih adalah sesuai dengan firman ALLAH berikut ini:

… makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam … (QS. Al-Baqarah [2]: 187)

Mengenai benang putih dan hitam tersebut Rasulullah saw. menjelaskan,

Sesungguhnya yang dimaksud dengan yang demikian (benang hitam dan putih) adalah gelap malam dan cahaya siang. (HR. Bukhari)

Mengenai waktu Imsak, sebenarnya di jaman Rasulullah saw. gak mengenal waktu imsak. Imsak pada jaman sekarang ini adalah untuk mengingatkan bahwa sebentar lagi akan memasuki waktu Subuh (fajar). Namun ini bukanlah sesuatu yang diajarkan oleh Rasulullah saw.
Jadi misalnya terjadi kasus, seseorang baru sahur di saat imsak, ya gak apa-apa.. silahkan diteruskan makan sahurnya. Bahkan jikapun sudah terdengar adzan Subuh (fajar), tetapi makanan masih ada atau belum habis maka boleh dihabiskan dulu makanan tersebut.

Jika salah seorang kamu mendengar adzan sedangkan ia masih memegang sepinggan makanan, maka janganlah ia meletakkannya sehingga ia menyelesaikan hajatnya. (HR. Ahmad 2/423. Abu Daud 1/149. Ibn Jarir dalam tafsirnya 3/529. Hakim 1/426. Baihaqi 4/218. Dan diriwayatkan oleh selain mereka. Lihat: Fawaid al-Muntaqa. 1/2 Abu Muhammad al-Jauhari)

Rasulullah bersabda: Abu Hurairah menyebutkan hadits: Jika salah seorang kamu mendengar adzan sedangkan ia masih memegang sepinggan makanan janganlah ia meninggalkan makanannya sehingga menyelesaikan makanannya. (Menurut Hakim, hadis ini sahih berdasarkan syarat Muslim. Disepakati oleh az-Zahabi. Hadis hasan)

Mengingat betapa pentingnya sahur ini, makanya hendaknya kita gak melewatkan begitu saja saat makan sahur. Semoga kita semua mendapatkan berkah Ramadhan yang luar biasa ini. Semoga ibadah kita di bulan Ramadhan kali ini jauh lebih baik dan lebih berarti dibandingkan Ramadhan-ramadhan yang telah lalu. Amin ya ALLAH..

About these ads
Comments
  1. Den Hanafi says:

    jadi pengen cepet2 puasa nih.

    salam kenal gan. :)

    Laki-laki Biasa: :) sebentar lagi..
    Salam kenal juga Mas Hanafi, makasih sudah mampir.. :)

  2. Kak Zen says:

    Tak sabar aku menanti…hehe

    Laki-laki Biasa: Sabarlah kak..hehehe.. :)

  3. Oyen says:

    Iya, memang seperti itu, ada banyak fadhilah (keutamaan) di dalam sahur. Sekalipun bukan kewajiban, tapi sahur adalah sunnah yang sangat ditekankan oleh Rasulullah, uswah kita. Ditambah lagi, itu bagian dari upaya tidak mendzalimi tubuh kita. Karena sahur akan sangat berdampak positif dalam mekanisme metabolisme tubuh kita.

    Berkaitan dengan imsak, sepengetahuan saya, imsak adalah menahan. Dan muslimah menerapkannya ketika tak ada penghalang lagi bagi dia untuk berpuasa, maka dia harus menahan. Contohnya ketika dia sudah suci dari haid saat siangnya, maka dari siang hingga sore dia harus menahan, karena tak ada lagi yang menghalangi dia untuk menahan diri, sekalipun tak terhitung puasa dan tetap harus menggantinya di lain waktu. Wallahualam

    Laki-laki Biasa: Dan dianjurkan pula untuk makan sahur dengan makanan yang bergizi..

    Mengenai imsak, iya benar.. artinya menahan, menahan diri. Rasulullah saw. bersabda, “Makan dan minumlah sampai kedengaran Ibnu Ummi Maktum adzan. Sesungguhnya dia tidak akan adzan sebelum terbit fajar. (HR. Bukhari dari A’isyah ra.)
    Jadi memang pada jaman Rasulullah saw. “tidak dikenal” adanya imsak. Jika dari hadits di atas, batasan imsak (menahan diri tidak makan dan minum) sebenarnya adalah adzan Subuh itu sendiri.

  4. Rindu says:

    Kalau Ade jarang sahur kalo puasa, tapi bukanya langsung “ngamuk” hasilnya sakit peyut :P

    Laki-laki Biasa: Diusahakan untuk sahur De, karena begitu banyak fadhilahnya.. Sampe ngamuk gitu emang Ade melihara naga yah? :D :P

  5. Rian says:

    Moga puasa kali ini penuh berkah :)

    Laki-laki Biasa: Amin yaa ALLAH..

  6. rindunya menikmati ramadhan………………………….
    Semoga Allah swt mengizinkan kita semua utk kembali menikmati indahnya ramadhan,amin
    salam

    Laki-laki Biasa: Amin yaa ALLAH.. Gak terasa bun, besok kita udah mulai berpuasa.. alhamdulillah, masih diberikan kesempatan untuk menikmatinya.. :)

  7. yupi… secara ilmu kesehatan sahur penting loh.. :D

    apalagi buat indah dan temen2 yang punya sakit maag……
    eheheehehe.. bisa ga khusyuk puasanya kalo ga saur.. :D

    yuk.. bebrapa jam lagi kita saur yuukkkk :)

    Laki-laki Biasa: Jangan tinggalin sahur meski hanya dengan seteguk air, terlalu banyak fadhilah-nya.. rugi banget kalo sampe kehilangan sahur :)

  8. [...] yang akan kita petik dan nikmati. Beberapa di antara pohon Ramadhan itu antara lain adalah: shaum, sahur, ifthar (berbuka puasa), tarawih, tadarus Al-Qur’an, dan lain-lain. Tapi yang perlu diingat, [...]

  9. Igit says:

    Lah kalo misalnya ni qt mw saur trus bli makanan titip m temen habis tmen balik beli makan, t ktiduran n susah dbangunin mpe adzan subuh. Lah karena takut mubazir makana g da yg makan n kbuang, tu makanan dmakan sm qt pas itu jg. Puasany gmna???

    Laki-laki Biasa: Coba lihat dan telaah lagi hadits di atas.. Dari hadits di atas -menurut pemahaman saya- yg diperbolehkan untuk meneruskan makan sahur adalah dalam kondisi di mana saat kita SEDANG makan sahur lalu terdengar adzan, maka boleh diteruskan makannya. Tetapi kalo kondisinya baru mulai makan sahur saat adzan atau setelah adzan ya itu mah menyalahi aturan yg ada. Islam itu mudah, tapi bukan untuk dimudah-mudahkan apalagi dipermainkan. Kalo memang tidak ada atau tidak sempat makan nasi.. masih bisa sahur dengan seteguk air, insya ALLAH tetap akan mendapatkan fadhilah yg sama dengan makan sahur yg lainnya.. Wallahu a’lam..

  10. [...] ke Ramadhan mendatang. Mari kita mulai dengan puasa sunnah Senin-Kamis. Dan jangan lupa untuk sahur dan berbuka mengikuti anjuran Rasulullah [...]

  11. cupliez says:

    jadi pengend lebih rajin lagi puasa sunnah, dengan tidak meninggalkan sahurnya… :-D

  12. [...] ke Ramadhan mendatang. Mari kita mulai dengan puasa sunnah Senin-Kamis. Dan jangan lupa untuk sahur dan berbuka mengikuti anjuran Rasulullah [...]

  13. [...] Mengenai sahur pembahasannya ada di sini.. [...]

  14. [...] sampai ke Ramadhan mendatang. Mari kita mulai dengan puasa sunnah Senin-Kamis. Dan jangan lupa untuksahur dan berbuka mengikuti anjuran Rasulullah [...]

  15. [...] ke Ramadhan mendatang. Mari kita mulai dengan puasa sunnah Senin-Kamis. Dan jangan lupa untuk sahur dan berbuka mengikuti anjuran Rasulullah [...]

  16. antonrindurasul says:

    trimakasih bagi2 ilmunya…

  17. [...] ke Ramadhan mendatang. Mari kita mulai dengan puasa sunnah Senin-Kamis. Dan jangan lupa untuk sahur dan berbuka mengikuti anjuran Rasulullah [...]

  18. [...] ke Ramadhan mendatang. Mari kita mulai dengan puasa sunnah Senin-Kamis. Dan jangan lupa untuk sahur dan berbuka mengikuti anjuran Rasulullah [...]

  19. Fuad Zaki Purnomo says:

    Apa Anda sudah mengerjakannya?
    Kegiatan ini hanya dikerjakan pada bulan Ramadhan.
    Ini adalah Ramadhan tahun 2010.
    Anda sudah lewat selama 2 tahun yang lalu.
    Nantikan di tahun-tahun berikutnya.

  20. [...] ke Ramadhan mendatang. Mari kita mulai dengan puasa sunnah Senin-Kamis. Dan jangan lupa untuk sahur dan berbuka mengikuti anjuran Rasulullah [...]

  21. [...] ke Ramadhan mendatang. Mari kita mulai dengan puasa sunnah Senin-Kamis. Dan jangan lupa untuk sahur dan berbuka mengikuti anjuran Rasulullah [...]

  22. Arsyad rivaldi'hammerhaed says:

    Gimana yaCh kloe lupa niat puasa s’t mau tidur dan bgun kesiangan jd gaa sa’ur
    blehkah melanjutkan puasa krn pgen bget puasa

    • Duddy says:

      Ngga apa2..silahkan puasa aja, yang penting sudah niat di malam sebelum tidur. Kalo sahur itu bukan syarat sahnya puasa, tapi memang dianjurkan untuk sahur, krn ada keberkahan di dalam sahur.

  23. [...] sampai ke Ramadhan mendatang. Mari kita mulai dengan puasa sunnah Senin-Kamis. Dan jangan lupa untuksahur dan berbuka mengikuti anjuran Rasulullah [...]

  24. wongndeso says:

    kalo puasa senin,kamis itu sampai berapa kali sih

  25. bee welcomez says:

    KALAU waktu puasa siangnya berkelahi karena ada masalah yg tdk di inginkan gimana tuuu.hukumnya puasanya sah apa kagac ya,bolh die lanjutin pa tidak puasnya..tolong donk kasih jawaban nya…..trimakasih???

  26. […] ke Ramadhan mendatang. Mari kita mulai dengan puasa sunnah Senin-Kamis. Dan jangan lupa untuk sahur dan berbuka mengikuti anjuran Rasulullah saw. Semoga ALLAH SWT selalu memberikan rahmat dan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s