Sombong Adalah Selendang ALLAH

Posted: 06/02/2010 in Renungan
Tags: , , , ,

Tidak ada orang yang suka pada orang yang bersifat dan bersikap sombong. Sombong adalah salah satu sifat yang sangat dibenci oleh ALLAH. Sombong adalah perasaan menganggap diri lebih (lebih baik, lebih istimewa, lebih cerdas, lebih kaya, lebih tampan, lebih cantik, dsb.) atas orang lain, dan memandang orang lain lebih rendah dan lebih hina.

Dalam Al-Qur’an surat Luqman ayat 18 dan 19, ALLAH SWT berfirman,

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.

Dari dua ayat di atas kita bisa menarik sebuah kesimpulan bahwa sikap dan sifat sombong, angkuh dan suka membanggakan diri sangat tidak disukai oleh ALLAH SWT. Tetapi ALLAH sangat menyukai sifat rendah hati dan sederhana. Ada banyak lagi ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang mencela sikap sombong di antaranya:

Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya di muka bumi tanpa alasan yang benar dari tanda-tanda kekuasaan-Ku. (QS. Al-A’raaf [7]: 146)

Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong. (QS. An-Nahl [16]: 23)

Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina. (QS. Al-Mu’min [40]: 60)

Rasulullah saw., pun mencela sikap sombong. Abdullah bin Mas’ud meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda,

Tidak akan masuk surga orang yang hatinya terdapat seberat biji sawi dari sikap sombong. (HR. Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad)

Di hadits yang lain Rasulullah saw. bersabda,

ALLAH SWT berfirman, sifat sombong itu selendang-KU, dan keagungan itu pakaian-KU. Barangsiapa yang menentang-KU dari keduanya, maka AKU masukkan ia ke neraka Jahannam. (HR. Muslim, Abu Dawud dan Ahmad)

Sementara itu Amr bin Syu’aib meriwayatkan dari ayahnya dari kakeknya, bahwasanya Rasulullah saw. bersabda,

Orang-orang yang sombong besok di hari kiamat akan dikumpulkan seperti semut-semut kecil dalam bentuk manusia, mereka datang dengan hina dari berbagai tempat, mereka diberi minum dari keringat penduduk neraka yang berupa nanah dan darah penduduk neraka. (HR. Ahmad danAt-Tirmidzi: 2492)

Abi Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda,

Saya diperlihatkan 3 (tiga) golongan pertama yang masuk surga dan 3 (tiga) golongan pertama yang masuk neraka. Adapun tiga golongan pertama yang masuk surga adalah orang yang mati syahid, budak yang dimiliki tuannya akan tetapi ia melaksanakan ibadah kepada ALLAH SWT dengan sebaik-baiknya dan memberikan nasihat kepada tuannya, dan orang yang menjauhkan dirinya dari hal-hal yang haram dan meminta-minta orang lain, padahal ia mempunyai tanggungan keluarga. Sedangkan tiga golongan pertama yang masuk neraka adalah pemimpin yang sewenang-wenang dan orang mempunyai harta banyak, akan tetapi ia tidak memberikannya kepada orang lain yang berhak menerimanya dan orang fakir yang sombong. (HR. Ahmad, Ibnu Hibban, Ath-Thayalisy, dan Al-Hakim)

Manusia sesungguhnya adalah makhluk yang dhaif (lemah) karena itu tidak berhak untuk menyombongkan diri dengan apapun yang dimilikinya. Sesungguhnya semua yang dimiliki oleh manusia hanyalah titipan, hakikatnya semua adalah milik ALLAH. Dan semua itu akan kembali kepada-NYA.

Sungguh jelas ancaman ALLAH atas sifat dan sikap sombong ini seperti yang sudah dituliskan pada ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits di atas. Jika sudah sedemikian jelas ancaman untuk kesombongan, apakah kita masih berani untuk sombong??

Mari kita tanggalkan pakaian kesombongan, takutlah akan ancaman ALLAH SWT. Mari kita beristighfar, memohon ampun atas kesombongan-kesombongan yang mungkin pernah kita lakukan, baik secara terang-terangan maupun secara tersembunyi. Mari kita pakai pakaian rendah hati untuk menggantikan pakaian kesombongan yang pernah atau masih kita kenakan. Semoga ALLAH SWT mengampuni dosa-dosa yang telah kita lakukan.. amin yaa Rabb..

Gambar pinjam dari sini

About these ads
Comments
  1. oyen says:

    sesungguhnya tak ada yang bisa kita sombongkan dihadapan manusia, apalagi di hadapan Allah, karena semua hanyalah titipan Allah, dan kita berasal dari setetes mani yang hina

    Semoga kita dijauhkan dari sifat sombong dan takabur. Amin

    Laki-laki Biasa: “QS. As Sajdah [32]: 8, Amiin yaa ALLAH..”

  2. Rindu says:

    saya dulu pernah menjadi manusia yang sangat sombong, hingga ALLAH menegur saya, dan insya ALLAH setelah ini tidak ada lagi kesombongan itu.

    Laki-laki Biasa: “Insya ALLAH.. amiin yaa Rabb..”

  3. jeunglala says:

    Duh, mudah2an aku bukan termasuk manusia yang sombong yaaa… Ngeri juga.. :(

    Laki-laki Biasa: “Sangat ngeri emang Jeung.. semoga kita semua mampu menjauhkan diri dari sikap dan sifat sombong.. amiin yaa ALLAH”

  4. atmakusumah says:

    Postingan yang bagus kang, mengingatkan untuk tidak Sombong…Insya Allah dengan banyak mengingatNYA, akan terasa sekali betapa kita tidak ada apa2nya dihadapanNYA…

    Terimaksih kang…

    Laki-laki Biasa: “Iya, kita memang makhluk yang lemah yang terkadang lupa siapa kita sebenarnya..
    Sama-sama Kang, makasih udah mampir :)”

  5. Ria says:

    orang yg sombong kan hidupnya gak tenang…dunia dan akhirat! semoga kita gak termasuk salah satu orang yg sombong ya :(

    Laki-laki Biasa: “Amiin yaa ALLAH.. “

  6. sang mantan says:

    Dari Ibn Mas’ud, dari Rasulullah Saw, beliau bersabda: “Tidak akan masuk surga, seseorang yang di dalam hatinya ada sebijih atom dari sifat sombong”. Seorang sahabat bertanya kepada Nabi Saw: “Sesungguhnya seseorang menyukai kalau pakainnya itu indah atau sandalnya juga baik”. Rasulullah Saw bersabda: “Sesungguhnya Allah Swt adalah Maha Indah dan menyukai keindahan. Sifat sombong adalah mengabaikan kebenaran dan memandang rendah manusia yang lain” [HR Muslim]

    Mudah2an aki tetap spt dulu ya.

    Laki-laki Biasa: “Makasih ya tambahannya ilmunya..
    Btw, ini siapa yah? Aki mana yang dimaksud.. Semoga aki-nya tetap seperti dulu *do’ain aja deh* “

  7. vita says:

    Sayang di dunia ini masih ada aja orang yang sombong, dan biasanya mereka bisa dikatakan sebagai orang yang kadar imannya rendah. Sehingga disaat diuji dengan harta yang berlimpah dan kesuksesan mereka menjadi sombong.
    Semoga saya bukan termasuk diantaranya

    Laki-laki Biasa: “Amiin yaa ALLAH.. “

  8. maryam says:

    dan kita (saya dena), selalu dengan tanpa sadar sudah ‘meminjam’ selendang-Nya tanpa izin T_T

    Laki-laki Biasa: “Iya benar, bahkan sering kita “meminjam”nya.. :(

  9. Duddy says:

    “Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” (QS. Al-Israa’ [17]: 37)

  10. hanie says:

    alhamdllh…………
    saya org yg tdk smbng dgn sgla nyaaa

    keluarga saya sangat2 sombong dgn ada nya kekayaan yg dia punya sekarang??

    mudah2n keluarga dan saudarA saya menyadari semuanya ya allah amin……………

  11. endry says:

    assalamualaikum ada hujatan dari orang kafir mengenai sifat2 Allah SWT d dalam Alquran mislnya khairul mâkerin, (Penipu daya terbesar) 3:54,
    al mutakabbir (Yang sombong, takabur) 59:23 ,
    al jabbâr (Yang memaksa, penindas, tiran) 59:23,
    al qahhâr (Yang menaklukkan) 13:16, 14:48, 38:65, 39:4, 40:16 ,
    al khâfid (Yang merendahkan) 95:5,
    al mudhell (Yang menghina) 3:26,
    al mumit (Yang mematikan) 3:156, 7:158, 15:23, 57:2,
    al muntaqim (Pembalas dendam) 32:22, 43:41, 44:16,
    al mua’khkhir (Yang menangguhkan) 71:4 dan
    ad-dârr (Yang menimpakan kemudharatan) 6:17 itu kutipan dari FFI ali sina.
    saudara bagaimana menanggapi n jawaban yang tepat untuk menjawabnya terima kasih

  12. muqfit cdrc says:

    ketika aku melihat dunia aku merasakan kasi sayang dan kebesaran allah,tapi ketika hati ini lupah mengingat allah dengan sendirinya hati ini berbuat sombong,bagai mana cara agar selalu mengingat allah??

  13. Panji Putra Dosa says:

    saya orangnya sombong, karna paling rajin ibadah dan benci sama orang sombong suka pamer. sementara tetangga nongkrong2 tidak jelas, kalau melintas saya kadang buang ludah di dekatnya.
    semoga saya gak sombong lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s