Cara Bersyukur Kepada ALLAH SWT

Posted: 12/10/2009 in Renungan
Tags: , , , , ,

Oleh : M. Khalilurrahman Al Mahfani

Imam Al-Ghazali menjelaskan bahwa cara bersyukur kepada ALLAH SWT terdiri dari empat komponen.

1. Syukur dengan Hati

Syukur dengan hati dilakukan dengan menyadari sepenuhnya bahwa nikmat yang kita peroleh, baik besar, kecil, banyak maupun sedikit semata-mata karena anugerah dan kemurahan ALLAH.
ALLAH SWT berfirman,

Segala nikmat yang ada pada kamu (berasal) dari ALLAH. (QS. An-Nahl: 53)

Syukur dengan hati dapat mengantar seseorang untuk menerima anugerah dengan penuh kerelaan tanpa menggerutu dan keberatan, betapa pun kecilnya nikmat tersebut. Syukur ini akan melahirkan betapa besarnya kemurahan da kasih sayang ALLAH sehingga terucap kalimat tsana’ (pujian) kepada-NYA.

2. Syukur dengan Lisan

Ketika hati seseorang sangat yakin bahwa segala nikmat yang ia peroleh bersumber dari ALLAH, spontan ia akan mengucapkan “Alhamdulillah” (segala puji bagi ALLAH). Karenanya, apabila ia memperoleh nikmat dari seseorang, lisannya tetap memuji ALLAH. Sebab ia yakin dan sadar bahwa orang tersebut hanyalah perantara yang ALLAH kehendaki untuk “menyampaikan” nikmat itu kepadanya.

Al pada kalimat Alhamdulillah berfungsi sebagi istighraq, yang mengandung arti keseluruhan. Sehingga kata alhamdulillah mengandung arti bahwa yang paling berhak menerima pujian adalah ALLAH SWT, bahkan seluruh pujian harus tertuju dan bermuara kepada-NYA.

Oleh karena itu, kita harus mengembalikan segala pujian kepada ALLAH. Pada saat kita memuji seseorang karena kebaikannya, hakikat pujian tersebut harus ditujukan kepada ALLAH SWT. Sebab, ALLAH adalah Pemilik Segala Kebaikan.

3. Syukur dengan Perbuatan

Syukur dengan perbuatan mengandung arti bahwa segala nikmat dan kebaikan yang kita terima harus dipergunakan di jalan yang diridhoi-NYA. Misalnya untuk beribadah kepada ALLAH, membantu orang lain dari kesulitan, dan perbuatan baik lainnya. Nikmat ALLAH harus kita pergunakan secara proporsional dan tidak berlebihan untuk berbuat kebaikan.

Rasulullah saw menjelaskan bahwa ALLAH sangat senang melihat nikmat yang diberikan kepada hamba-NYA itu dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Rasulullah saw bersabda,

Sesungguhnya ALLAH senang melihat atsar (bekas/wujud) nikmat-NYA pada hamba-NYA. (HR. Tirmidzi dari Abdullah bin Amr)

Maksud dari hadits di atas adalah bahwa ALLAH menyukai hamba yang menampakkan dan mengakui segala nikmat yang dianugerahkan kepadanya. Misalnya, orang yang kaya hendaknya menampakkan hartanya untuk zakat, sedekah dan sejenisnya. Orang yang berilmu menampakkan ilmunya dengan mengajarkannya kepada sesama manusia, memberi nasihat dsb. Maksud menampakkan di sini bukanlah pamer, namun sebagai wujud syukur yang didasaari karena-NYA. ALLAH SWT berfirman,

Dan terhadap nikmat Tuhanmu, hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur). (QS. Adh-Dhuha: 11)

4. Menjaga Nikmat dari Kerusakan

Ketika nikmat dan karunia didapatkan, cobalah untuk dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Setelah itu, usahakan untuk menjaga nikmat itu dari kerusakan. Misalnya, ketika kita dianugerahi nikmat kesehatan, kewajiban kita adalah menjaga tubuh untuk tetap sehat dan bugar agar terhindar dari sakit.

Demikian pula dengan halnya dengan nikmat iman dan Islam. Kita wajib menjaganya dari “kepunahan” yang disebabkan pengingkaran, pemurtadan dan lemahnya iman. Untuk itu, kita harus senantiasa memupuk iman dan Islam kita dengan sholat, membaca Al-Qur’an, menghadiri majelis-majelis taklim, berdzikir dan berdoa. Kita pun harus membentengi diri dari perbuatan yang merusak iman seperti munafik, ingkar dan kemungkaran. Intinya setiap nikmat yang ALLAH berikan harus dijaga dengan sebaik-baiknya.

ALLAH SWT menjanjikan akan menambah nikmat jika kita pandai bersyukur, seperti pada firmannya berikut ini,

La’insyakartum la’aziidannakum wa la’inkafartum ‘inna ‘adzaabii lasyadiid
(Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-KU), sungguh adzab-KU sangat pedih. (QS. Ibrahim: 7)

About these ads
Comments
  1. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    ternyata tidak cukup dengan hati lisan dan perbuatan. tetapi perbuatan itu juga harus disertai tanggung jawab.

    Laki-laki Biasa : “Yup betul Mas.. :)”

  2. Rizal says:

    Kadang – kadang… sayo sering banget lalai untuk bersyukur A’…

    Laki-laki Biasa : “Berarti sekarang ingat donk? :)
    Semoga kita semua menjadi hamba-hamba-NYA yang pandai bersyukur.. amiin..”

  3. Rindu says:

    Termasuk mensyukuri apa apa yang tidak kita miliki kan?

    Laki-laki Biasa : “Iya.. karena mungkin dg tidak memiliki apa2 yg kita inginkan, adalah yg terbaik untuk kita, insya ALLAH..amiin..”

  4. deni says:

    Makasih mas, artikelnya… emang lagi dicari2 banget nih :)

    Laki-laki Biasa: Sama-sama.. semoga bermanfaat :)

  5. ASEP SUPRIADI SUGANDA PUTRA says:

    TERIMAKASIH ARTIKELNYA,BERMANFAAT BANGET,SEMOGA YANG MENULIS ARTIKEL INI SELALU DIBERIKAN NIKMAT OLEH ALLOH SWT.AMIEN!

    Laki-laki Biasa: Amin yaa ALLAH..

  6. nanjar says:

    YA ALLAH…. hamba sadar akan segala kekurangan hamba…
    semoga arikel ini menjadi refrensi untuk kita semua, yang pastinya bisa di aplikasikan di khidupan kita…

    Laki-laki Biasa: Amin yaa ALLAH..

  7. ella says:

    jika kita sudah bersyukur, tp keadaan masih tetap sama, apa yg hrs di ucapkan lg n apa yg hrs di perbuat. trmksh.

    Laki-laki Biasa: “Berserah diri kepada Sang Pencipta mbak, tawakkal.. Serahkan semua hasil akhir kepada ALLAH SWT, apapun yg terjadi.. itu yg terbaik untuk mbak, insya ALLAH.. ALLAH Maha Tahu yang terbaik untuk hamba-NYA :)”

  8. Ernoto says:

    ada tambahan 1 cara bersyukur, kpd allah,.
    yt ; jika suwaktu – waktu nikmat kita di ambil oleh allah.. kta harus iklas dan pasrah kepadanya

    Laki-laki Biasa: Semua hanya titipan, jadi saat titipan di ambil oleh Sang Pemilik, ya harus ikhlas.. :)

  9. syafiq says:

    Terimakasih banyak, aku bersyukur kepada Allah telah menemukan artikel ini, dan pada penulis saya ucapkan terimakasih, semoga mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT, atas segala yang telah dipersembahkan ini. Amiiin… ya Rabbal Aalamiiiin…..

  10. Robota says:

    Alhamdulilah, Terima kasih akhi atas informasi dan ilmunya….

  11. wawanitha says:

    saya sangat,sangat dan sangat bersyukur apa yg t’lah saya dapat kan…..
    Alhamdu lillah…….(segala puji bagi allah swt).
    Allahu akbar(allah maha besar)….
    Mudah2 di ridhoi allah swt…..(amien).

  12. uki-021 says:

    kalo selalu lupa akan bersyukur gmna y mas???kdang klo pas lg ingt kya yg bersalah bnget..

  13. Doni Susanto says:

    terima kasih pak !!!

  14. Doni Susanto says:

    Terima kasih !

  15. Ade Ayu says:

    Allah akan baik sama kita kalau kita baik terhadap-NYA, semakin banyak bersyukur Allah akan memberikan lebih kepada kita. Aku lagi belajar jadi orang yang pandai bersyukur atas nikmat yang ga pernah kita sadari ternyata tidak mudah, aku selalu lupa. astagfirullah.. maafin aku ya Allah… sesungguhnya Kau maha sempurna. Benar ga?

  16. ahmad says:

    minta izin mengcopy artikel ini ya

  17. purwanti says:

    kebanyakan orang2 yang sering aku temui adalah orang yang kurang bersyukur,dalam kehidupanya selalu merasa tidak puas dengan apa yang di peroleh nya…hai itu membuat mereka selalu gelisah..itu pelajaran yang aku ambil dari mereka..

  18. bersyukur dg benar” menerima dg ihlas. . .karunia yg telah diberikan dg berbagai nikmat
    belajar. . .dan berusaha

  19. assalamu’alaikum wr.wb
    ucapkanlah selalu alhamdulilah ..
    kita harus ikhlas dan terus berdo’a mudah”an allah akan menambah nikmatnya untuk kita.
    Kita Bersyukur,ditambah nikmat kita
    Kita tidak Bersyukur maka azab la untuk kita ..
    maka dari itu mari belajar bersyukur ..dalam hal apapun yg berupa pemberian allah kepada kita ..sekecil apapun itu .. bismillahirrohmanirrohim semoga allah selalu memberikan kesabaran,ketabahan,iman dan ketaqwa’an agar kita bisa ikhlas dan pasrah atas apa yg telah allah berikan . amin ya rabbal alamin :D
    (maaf ya mas kalo aku terlihat berlebihan)
    wassalam .. :)

  20. jd menjaga tbuh kt dr merusak mkanan2 yg bs merusak tubuh itu termasuk perwujudan rsa syukur kt terhadap Allah y… sya sellu mkn n minum sembrangan.. sya melalaikan syukur yg satu ini…

  21. @Handi_1899 says:

    Segala puji bagi Allah… Smua pujian hnya pntas brmuara kpada Allah,,
    bgaimana jka kta memuji orang lain, apakah salah,,
    mohon pencerahannya…
    Thx^^

    • Duddy says:

      Ngga ada yg salah jika kita memuji seseorang, tapi usahakan pujian itu bermuara kpd ALLAH, kelebihan yg dimiliki manusia semua datangnya dari ALLAH..

  22. aulia says:

    artikelnya bagus:)

  23. mukhamad says:

    Terima kasih, mohon izin mengcopy. Moga manfaat dunia akhirat mjd ilmu bermanfaat. jazakumullah.

  24. Duddy says:

    Silahkan dicopy dan disebarkan, semoga semakin banyak orang yg tercerahkan..aamiin..

  25. yanti says:

    mgp sll merasa krng,mungkin krn bnyk hutang?bgmn cr brsyukur kl hati sll gelisah

  26. Alisjahbana says:

    Alhamdulillah,diingatkan tentang arti penting bersyukur.Jazakumullah

  27. WANWEY says:

    apakah mentraktir makan2 temen2 setelah kita mendapat nikmat (diangkat jd pegawai tetap, dpt proyek, lulus ujian, naik pangkat, ulang tahun diri sendiri atau perusahaan/ organisasi) termasuk bersyukur yang diridhoi Allah? mohon cantumkan dalil quran, hadis.

    • Duddy says:

      Menurut saya berbagi nikmat bersama fakir miskin dan/atau anak yatim (mentraktir mereka) insya ALLAH lebih diridhoi ALLAH SWT..
      Pertama; acara makan2 bersama teman2 cenderung lebih kpd foya2 dan juga biasanya banyak diisi dengan ketawa-ketiwi, tawa terbahak-bahak, dan mungkin juga bergosip. Kalo dengan anak yatim di panti asuhan misalnya, akan diisi dengan do’a, orang yang punya hajat (baca: yg mentraktir) akan didoakan oleh mereka, dan jangan remehkan do’a anak2 yatim..
      Kedua; berbagi dengan orang yang gak mampu lebih bernilai jika dibandingkan dengan teman2 yg mungkin juga sudah berada..

  28. Badawi says:

    alhamdulil,lah….Thanks….Atas artikelnya..Mga allah menambah nikmatnya kpd sobat…

  29. trima ksh yah sob, semoga yang nulis artikel ini selalu sehat, panjang umur dan selalu di ridoin sama allah.

  30. eni says:

    Asalamualaikum smua nya….
    Alhamdlilah sya skrg sdah bsa mncpai thap dmna d ktkan brsykur ats nikmat allah.sat ne saya sdang di beri ujian dgn allah mgmbil kmbli prsaan syg yg prnh d ti2pkn kpd sya…se2org yg prnh mgsi hr2 sya slma 4 thun….tp alhamdlilah sya brsykur allah brikan cobaan ne agr sya lbig dkat dgan NYA n bs brtobat.slain brsykur jgn lp sllu brfkir positif ats khndak allah swt.

  31. Handy says:

    KESULITAN HIDUP itu cahaya nya akan selalu ber-KILAUAN di kening kita, mengarahkan otak untuk mengejar TERANGNYA, namun ketika CAHAYA itu terraih, maka yang didapat adalah : “yaaa berupa KILAUAN CAHAYA kesulitan hidup ituuu” bener ga’ yaa? kalau sudah begini,kapan kita akan bisa ber-SYUKUR nya??? selamanya kita akan terkurung dalam lingkaran FATAMORGANAnya kehidupan, mari kuatkan hati bersama -sama memohon, agar Alloh menggerakkan diri kita , jiwa kita, supaya senantiasa BERSYUKUR atas nikmat2 yang telah Alloh Anugerahkan kepada kita semua, baik Nikmat yang datangnya kita sadari maupun justru lebih banyak Nikmat yang kehadirannya tidak kita sadari..

  32. Ron J says:

    Terima kasih atas artikel yg luar biasa ini..benar-benar mencerahkan bang.,
    smg pahal selalu mengalir pada abang..

    Syukron..

  33. sandi emilia says:

    بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ ….amin Ɣªâª rabb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s