Makna Bersyukur Yang Hakiki

Posted: 31/07/2009 in Renungan
Tags: , , ,

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar

Barang siapa yang tidak mensyukuri nikmat Allah, sesungguhnya ia telah membuka jalan hilangnya nikmat dari dirinya. Akan tetapi barangsiapa yang mensyukuri nikmat Allah, maka ia sesunguhnya ia telah memberi ikatan yang kuat pada kenikmatan Allah itu. (Al-Hikam Halaman : 133).

Alhamdulillaahirabbil ‘aalamiin. Allahuma shalli ‘ala Muhammad wa’ala aalihi washahbihii ajmai’iin. Hamba yang makin tinggi dan sempurna ketaatannya kepada Allah, akan makin banyak pula syukurnya kepada-Nya. Memantapkan kenikmatan yang ia terima dari Allah Swt, di tempat yang mulia. Karena nikmat itu adalah anugrah yang patut dijungjung tinggi.

Bersyukur kepada Allah itu ada tiga cara, bersyukur didalam hati, bersyukur dengan lisan, dan bersykur dalam sikap atau prilaku.

Adapun bersyukur di dalam hati, ialah memantapkan dalam hati bahwa semua nikmat itu adalah dari Allah, seperti firman Allah dalam surat An Nahl ayat 53,

Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya)

Adapun syukur dengan lisan, yaitu dengan memperbanyak puji syukur kepada Allah, sambil membaca Alhamdulillah.

Adapun bersyukur dalam bentuk sikap tingkah laku adalah dengan melaksanakan amal ibadah dengan anggota badan, dengan amal saleh, dengan prilaku mulia, dan budi bahasa yang terhormat.

Bersyukur kepada Allah SWT tidak cukup dengan lisan belaka, akan tetapi bersyukur dengan memgikutsertakan seluruh anggota badan, dengan merasakan kenikmatan syukur dalam kehidupan jasmani dan rohani. Wallahu a’alam

About these ads
Comments
  1. nayla says:

    Ya, bersyukur atas apa yang kita miliki walaupun kita tidak selalu mendapatkan apa yang kita sukai :)

    Laki-laki Biasa : “Yup.. karena yg kita sukai belum tentu yg terbaik untuk kita, begitu juga sebaliknya yg gak kita sukai mungkin adalah yg terbaik untuk kita.”

  2. Rindu says:

    Saat ini saya sedang mengganti doa saya dengan syukur syukur atas apa yang SUDAH saya miliki :) sambil terus berdoa atas apa apa yang BELUM saya miliki.

    Laki-laki Biasa : “Atas semua yg Ade miliki, memang udah seharusnya Ade banyak bersyukur, demikian juga kita semua.. terkadang kita banyak mengeluh jika tidak mendapatkan sesuatu yg kita inginkan, padahal kita gak tau apakah hal yg kita inginkan itu baik untuk kita atau ngga, tapi ALLAH Maha Tahu yg terbaik untuk setiap hamba-Nya.. Segala puji bagi ALLAH, Tuhan semesta alam.”

  3. Jafar Soddik says:

    Ketika Rasulullah Saw. shalat malam sampai kakinya bengkak, istri tercinta beliau bertanya kenapa koq sampai segitunya beliau beribadah padahal sudah dijamin masuk surganya Allah Swt.

    Dengan penuh kasih sayang Rasulullah memberikan jawaban bahwa beliau shalat sampai kakinya bengkak dan melakukan ibadah lainnya dengan sangat rajin semata-mata rasa syukur beliau kepada Allah Swt.

    Laki-laki Biasa : “Rasulullah saw memang Uswatun Hasanah, teladan terbaik bagi semua umat manusia.”

  4. Rizal says:

    Sepertinya saya kok masih banyak lalainya ketimbang bersyukurnya Aa’ Duddy

    Laki-laki Biasa : “Saya juga terkadang begitu Bang.. insya ALLAH di hari-2 ke depan, kita jadi makin bersyukur atas segala nikmat dan karunia yg ALLAH berikan.. amiin.. “

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s