Keutamaan Hari Jum’at

Posted: 13/03/2009 in Renungan, Tahukah Anda
Tags: , , ,

Wahai kaum muslimin… Allah telah menganugerahkan bermacam-macam keistimewaan dan keutamaan kepada umat ini. Diantara keistimewaan itu adalah hari Jum’at, setelah kaum Yahudi dan Nasrani dipalingkan darinya.
Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah bersabda:

Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita untuk menjadikan hari Jum’at sebagai hari raya mereka, oleh karena itu hari raya orang Yahudi adalah hari Sabtu, dan hari raya orang Nasrani adalah hari Ahad, kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita untuk menjadikan hari Jum’at sebagai hari raya, sehingga Allah menjadikan hari raya secara berurutan, yaitu hari Jum’at, Sabtu dan Ahad. Dan di hari kiamat mereka pun akan mengikuti kita seperti urutan tersebut, walaupun di dunia kita adalah penghuni yang terakhir, namun di hari kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk. (HR. Muslim)

Al-Hafidz Ibnu Katsir berkata: “Hari ini dinamakan Jum’at, karena artinya merupakan turunan dari kata al-jam’u yang berarti perkumpulan, karena umat Islam berkumpul pada hari itu setiap pekan di balai-balai pertemuan yang luas. Allah memerintahkan hamba-hamba-Nya yang mukmin berkumpul untuk melaksanakan ibadah kepada-Nya. Allah berfirman:

Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. 62:9)

Maksudnya, pergilah untuk melaksanakan shalat Jum’at dengan penuh ketenangan, konsentrasi dan sepenuh hasrat, bukan berjalan dengan cepat-cepat, karena berjalan dengan cepat untuk shalat itu dilarang. Al-Hasan Al-Bashri berkata: “Demi Allah, sungguh maksudnya bukanlah berjalan kaki dengan cepat, karena hal itu jelas terlarang. Tapi yang diperintahkan adalah berjalan dengan penuh kekhusyukan dan sepenuh hasrat dalam hati.” (Lihat Tafsir Ibnu Katsir : 4/385-386).

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah berkata: “Hari Jum’at adalah hari ibadah. Hari ini dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, laksana bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Waktu mustajab pada hari Jum’at seperti waktu mustajab pada malam lailatul qodar di bulan Ramadhan.” (Zadul Ma’ad: 1/398).

Keutamaan Hari Jum’at

1. Hari Terbaik

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabada:

Hari terbaik dimana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.

2. Terdapat Waktu Mustajab untuk Berdo’a.

Abu Hurairah berkata Rasulullah bersabda:

Sesungguhnya pada hari Jum’at terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu. (H. Muttafaqun Alaih)

Ibnu Qayyim Al Jauziah – setelah menjabarkan perbedaan pendapat tentang kapan waktu itu – mengatakan: “Diantara sekian banyak pendapat ada dua yang paling kuat, sebagaimana ditunjukkan dalam banyak hadits yang sahih, pertama saat duduknya khatib sampai selesainya shalat. Kedua, sesudah Ashar, dan ini adalah pendapat yang terkuat dari dua pendapat tadi.” (Zadul Ma’ad Jilid I/389-390).

3. Sedekah pada hari itu lebih utama dibanding sedekah pada hari-hari lainnya.

Ibnu Qayyim berkata: “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya”.
Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya”.(Mauquf Shahih)

4. Hari tatkala Allah menampakkan diri kepada hamba-Nya yang beriman di Surga.

Sahabat Anas bin Malik dalam mengomentari ayat: “Dan Kami memiliki pertambahannya” (QS.50:35) mengatakan: “Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jum’at”.

5. Hari besar yang berulang setiap pekan.

Ibnu Abbas berkata : Rasulullah bersabda:

Hari ini adalah hari besar yang Allah tetapkan bagi ummat Islam, maka siapa yang hendak menghadiri shalat Jum’at hendaklah mandi terlebih dahulu ……. (HR. Ibnu Majah)

6. Hari dihapuskannya dosa-dosa

Salman Al Farisi berkata : Rasulullah bersabda:

Siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at. (HR. Bukhari)

7. Orang yang berjalan untuk shalat Jum’at akan mendapat pahala untuk tiap langkahnya, setara dengan pahala ibadah satu tahun shalat dan puasa.

Aus bin Aus berkata: Rasulullah bersabda:

Siapa yang mandi pada hari Jum’at, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan mendapat pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah. (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah)

8. Wafat pada malam hari Jum’at atau siangnya adalah tanda husnul khatimah, yaitu dibebaskan dari fitnah (azab) kubur.

Diriwayatkan oleh Ibnu Amru , bahwa Rasulullah bersabda:

Setiap muslim yang mati pada siang hari Jum’at atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur. (HR. Ahmad dan Tirmizi, dinilai shahih oleh Al-Bani).

Sumber : www.dudung.net

About these ads
Comments
  1. omiyan says:

    Amin mas semoga kita bisa memaknai hari terutama hari jumat dengan segala kebaikan

    Laki-laki Biasa : “Insya ALLAH, amin yaa Rabb al-’Alamin..”

  2. ierone says:

    sekarang hari Jumat
    ayo, kita manfaatkan sebaik mumgkin :D

    Laki-laki Biasa : “Ayooo…. :)

  3. kawanlama95 says:

    kalo aku sih hari jumat seneng banget sebab masuk kerjanya jam 14.oo alias jam 2. enakan

    Laki-laki Biasa : “Wah..asyik bener tuh, pengen donk..hehehe.. :D

  4. anintadiary says:

    wah, banyak bgt keutamaan sholat jumat a..klo yg perempuan gmn? *ngiri mode on*

    Laki-laki Biasa : “Ini bukan keutamaan sholat Jum’at de, tapi keutamaan hari Jum’at, jadi untuk semua kaum muslimin dan muslimat.”

  5. kk blog na keren bgt

    jgn lupa silaturrahmi ke blog saya ya

    http://jamelblog.wordpress.com/

    Laki-laki Biasa : “Terima kasih Mas Jamel atas kunjungannya..
    Sip..segera meluncur ke lokasi :)

  6. DIAJENG says:

    enakan hari jumat apa malem jumat kang ? :)

    Laki-laki Biasa : “Sampai saat ini enakan hari Jum’at Diajeng :)”

  7. joe says:

    betul, makanya di negara-negara Islam hari Jum’at biasanya mereka libur…

    Laki-laki Biasa : “Special day..”

  8. Shofiyah says:

    Subhanallah..,
    Klo d kontrakan hari jum’at pagi adalah saatna mbk imam rhawatib bc surat al insan

    Laki-laki Biasa : “Pastinya hati terasa damai dan nyaman mendengarkan ayat-ayat cinta ALLAH dikumandangkan..”

  9. syaiful says:

    baca-baca dulu ya. tulisannya bagus, apa lagi tentang keutamaan hari jum’at.

    Laki-laki Biasa : “Semoga bermanfaat Mas.. “

  10. Nurta San says:

    tabungan akherat nih… jazakumullah khairan.. :)

    Laki-laki Biasa : :)

  11. dinda says:

    Kalau aq suka malem jumat mba;…saatnya menerima nafkah bathin…krn suami pulangnya tiap hari kamis……kl mbak gimana??

  12. Nay says:

    makasih artikelnya…blh qu copy g’?

    Laki-laki Biasa: “Silahkan Mbak.. terima kasih ya sudah mampir :)”

  13. Gusnur says:

    Banyak org memaknai hari identik dgn sunah rosul dn nafkah bathin. Mnrut saya nafkah bathin sbnarnya bkn yg itu. Tp suami yg mengajarkan istri’a k jalan yg ridhoi Allah…

    Laki-laki Biasa: “Maksudnya Mas Gusnur, malam Jum’at kali yah? :D. Selain ‘hal itu’ masih banyak koq yg bisa dilakukan di malam Jum’at… :)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s