Hikmah Dari Cobaan

Posted: 25/01/2009 in Renungan
Tags: , , , ,

Di antara kita mungkin ada yg bertanya, mengapa ALLAH SWT menguji kita? Apa hikmah di balik sebuah ujian dan cobaan itu?

Di antara wujud kekuatan iman sebagian sahabat adalah jika terbuka bagi mereka tabir sebuah hikmah, maka hal itu tidak akan menambah keyakinan mereka sedikitpun. Apakah kita merasa butuh untuk mengetahui hikmah dari sebuah ujian, hingga bertambah keyakinan ataukah kita sudah sampai kepada derajat para sahabat?

1. Diangkatnya Derajat

ALLAH menguji kita untuk mengangkat derajat kita, “jika keimanannya kuat, akan ditambah cobaannya.”
Bayangkan jika kita menghadap ALLAH pada hari kiamat tanpa pernah dicoba dan diuji, kita pasti akan merugi. Jangan pernah menganggap bahwa kita dapat masuk surga hanya dengan amal kebaikan yang kita perbuat.

Musibah yg datang kepada kita terkadang mengganggu segala aktivitas yang kita lakukan, mungkin bisa seminggu, sebulan atau bahkan lebih dari dugaan kita. Maka ketahuilah! bagimu derajat tinggi di surga, untfuk mencapai tingkatan itu, kita harus diuji dengan berbagai cobaan dan musibah.

Seorang hamba memiliki suatu derajat di surga. Ketika dia tidak dapat mencapainya dengan amal-amal kebaikannya maka Allah menguji dan mencobanya agar dia mencapai derajat itu. (HR. Ath-Thabrani)

2. Perbedaan Derajatnya

Di antara hikmah dari cobaan yang ALLAH berikan kepada hamba-NYA adalah untuk membedakan derajat di antara mereka.

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad di antaramu, dan belum nyata orang-orang yang sabar. (QS. Ali ‘Imran:142)

Allah sekali-kali tidak akan membiarkan orang-orang yang beriman dalam keadaan kamu sekarang ini, sehingga Dia menyisihkan yang buruk (munafik) dari yang baik (mumin). Dan Allah sekali-kali tidak akan memperlihatkan kepada kamu hal-hal yang ghaib, akan tetapi Allah memilih siapa yang dikehendaki-Nya di antara rasul-rasul-Nya. Karena itu berimanlah kepada Allah dan Rasul-rasul-Nya; dan jika kamu beriman dan bertaqwa, maka bagimu pahala yang besar. (QS. Ali ‘Imran:179)

Alangkah besarnya hikmah ujian, dengannya ALLAH membedakan manusia, dan dengannya pula membedakan orang-orang yang utama dari orang-orang yang dihinakan.

3. Agar Tidak Menjadi Sombong dan Tertipu

Inilah di antara hikmah yang agung. Bayangkan jika kehidupan ini selalu dalam kemapanan dan ketenangan, apa yg akan terjadi pada diri manusia?

Kita akan terkena penyakit sombong dan ghurur (tertipu oleh diri sendiri), bukan begitu? Hidup dengan limpahan kekayaan dan ketenangan tanpa pernah ada yg mengeruhkannya…tenang, bahagia dan kaya raya.

Pada kondisi seperti ini, manusia akan terkena penyakit sombong, ghurur dan melampaui batas terhadap ALLAH, seakan mereka tidak membutuhkan-NYA. Oleh karena itu, ALLAH SWT sengaja menguji hambanya agar kita kembali kepada-NYA, merendahkan diri di hadapan-NYA dan membutuhkan-NYA, maka cobaan yg kita hadapi adalah rahmat!

4. Merindukan Surga

Di antara hikmah cobaan adalah bahwa kita tidak akan merindukan surga kecuali jika kita merasakan pahitnya kehidupan dunia.
Bagaimana mungkin kita merindukan surga, sementara kita melihat bahwa kehidupan dunia lebih indah dan nyaman.

Pernyataan di atas bukan berarti kita harus membenci dunia, bukan. Tapi hendaklah kita bekerja keras, memakmurkan dunia dan membangunnya.

Tetapi kita juga harus merindukan surga. Oleh karena itu ALLAH menimpakan kepahitan hidup di dunia agar kita mengangankan untuk masuk surga.

5. Agar Tidak Melupakan ALLAH

Di antara hikmah cobaan adalah kita sadar akan pemilik nikmat yang hakiki, yaitu ALLAH, sehingga musibah yang menimpa akan mendorong kita untuk bersyukur atas segala nikmat-NYA dan ridho dengan apa yang digariskan-NYA. Dengan demikian, kita tidak akan melupakan ALLAH untuk selamanya.

6. Agar Sadar Bahwa ALLAH itu Maha Kuat

Di antara cobaan yang ALLAH turunkan kepada para hamba-NYA adalah untuk memperlihatkan kepada kita bahwa ALLAH itu Maha Kuat, hingga nyatalah kemahakuatannya dan kemahapenyayangan ALLAH… DIA Maha Kuasa untuk menyelamatkan kita dari segala ujian dan cobaan yang kita hadapi.

ALLAH menguji kita, lalu kita berlindung kepada-NYA, hingga ALLAH pun menolong kita. Dengan demikian, kita yakin dengan seyakin-yakinnya bahwa ALLAH itu Maha Kuasa, Maha Kuat dan Maha Penyayang.

7. Karena ALLAH Mencintai Hamba-NYA

Nabi Muhammad saw., bersabda :

Sesungguhnya ALLAH jika mencintai hamba-NYA, DIA akan mengujinya. (HR. At-Tirmidzi)

Di antara hikmah ujian adalah untuk menunjukkan bahwa ALLAH mencintai kita, hamba-NYA yang beriman, suci, bersih, taqwa dan mendekatkan diri.

Sumber : Sabar dan Santun, Karakter Mukmin Sejati (Syaikh Amru Muhammad Khalid)

About these ads
Comments
  1. Kamaludin Irsyadi says:

    8. Ingat kematian

    Laki-laki Biasa : terima kasih atas tambahannya Mas..

  2. Nug says:

    Terima kasih sahabatku..
    Aku mendapat banyak ilmu setiap kali berkunjung kerumahmu yang teduh ini.. :)

    Laki-laki Biasa : Sama-sama mas… :)

  3. begitulah hikmahnya agar manusia mau berpikir :)

    Laki-laki Biasa : “Bener Mas Afwan.. Kehidupan manusia adalah perpindahan dari satu hikmah ke hikmah yg lain.”

  4. Aisy says:

    Siip Mas! Bisa buat bahan renungan hidup he he :)

    Laki-laki Biasa : “Senang bisa berbagi.. :)”

  5. [...] sebagai umat yang beriman harus dapat mengambil banyak hikmah dari kejadian ini. Apakah ini ujian/cobaan atau azab dari ALLAH SWT? Allahu’alam.. Tetapi yang [...]

  6. eka says:

    terima kasih..semoga amal kebaikan dibalas lebih baik oleh Alllah swt dan menambah iman bagi pemosting tema ini..amin

    Laki-laki Biasa: “Amiin yaa ALLAH.. Terima kasiha mbak do’anya..”

  7. Arisza says:

    terima kasih..
    saya menitik kan air mata..

    Laki-laki Biasa: :(

  8. Indra borneo says:

    Trimakasih…trimakasih…
    Stidaknya pengetahuan yg mas bagi ini..dpt sdikt mnguatkn hati yg sdg gundah&goyang imn ini…
    Skali lg trimakasih..smoga ALLAH SWT,mmbalasnya amal kbajiknnya,dan dpt bguna bg insan yg lainnyaa…
    amin..yaa rabballalamin…

    Laki-laki Biasa: Amin yaa ALLAH.. terima kasih do’a mas Indra, semoga postingan ini dapat membantu mas..

  9. tri says:

    ass,,akhi saya menjadi tenang stlah membca posting ini,,tapi saya menangis bila ingat ibu saya yg telah tiada 2 minggu lalu,,hati saya hancur saya rindu x dengn ibu saya…mudah2an ibu saya masuk syurga amiin,,akhi saya mohon x motivasinya agar saya bangkit lagi,,,sukron

  10. panjiwiyana says:

    Assalamaualiakum.

    Terima kasih, sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s