Manfaat Semangka

Posted: 20/11/2008 in Kesehatan
Tags: , ,

semangka

Semangka dipercaya berasal dari gurun Kalahari, Afrika. Menurut para peneliti, buah ini pertama kali dipanen 5000 tahun yang lalu di Mesir dan menurut kepercayaan nenek moyang saat itu, buah ini terpakai untuk penguburan raja-raja agar roh mereka mendapat nutrisi di alam baka. Dan dari sanalah semangka dibawa keliling ke negara-negara di dunia.

Hari ini, kita tahu bahwa yang sudah dikubur jelas tidak bisa lagi menikmati nutrisi semangka. Kitalah yang berhak menikmati lezatnya dan betapa bergizinya buah yang satu potongnya sama fungsinya dengan segelas air tersebut. Tapi ingat, ketika mengkonsumsi semangka, bagian hijau dekat kulitnya ialah bagian terpenting yang harus ikut anda makan selain warna merah/kuningnya saja.

Apa saja fungsi semangka?

1. Jika anda sedang diet, maka semangka adalah teman baik anda. Buah ini bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air berlimpah. Apalagi, buah yang satu ini bersifat cepat mengenyangkan di dalam lambung.
2. Semangka sangat baik bagi pengidap hipertensi. Kandungan air dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi tekanan darah.
3. Semangka juga mempergiat kerja jantung
4. Antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C membantu sel-sel tubuh tetap sehat.
5. Semangka juga berfungsi untuk merangsang keluarnya air seni lebih deras sehingga sangat baik untuk mereka yang mengalami gangguan buang air kecil.
6. Semangka bisa dipakai untuk menurunkan demam
7. Semangka bisa mencegah sariawan dengan ampuh

Apa benar semangka adalah buah anti kanker?

Semua berawal dari likopen . Likopen salah satu komponen karotenoid seperti halnya betakaroten. Tapi diibandingkan antioksidan lainnya, seperti vitamin C dan E, kekuatan likopen dalam memerangi radikal bebas jauh lebih ampuh. Radikal bebas berlangsung tak terkendali, baik karena pola makan yang kacau, polusi atau pikiran negatif, kekebalan tubuh akan menurun. Akibatnya ya berbagai macam penyakit dan kulit tubuhpun menjadi kering, suram, dan kendur. Dengan likopen yang terdapat dalam semangka, radikal bebas bisa langsung lumpuh!

Likopen inilah yang mampu menumpas bibit kanker. Banyak makan semangka, bahkan setiap hari pun tak masalah, justru dapat menyusutkan risiko kanker mulut rahim dan kanker pankreas pada wanita. Terhadap kanker pencernaan, likopen semangka mampu mencegahnya hingga risikonya berkurang separuhnya, seperti kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, kanker anus. Begitu pula dengan kanker prostat. Wah!

Selain itu, likopen berguna untuk membuat wajah tampak bercahaya, tampak segar dan lebih muda. Bagi lansia, semangka tidak hanya membantu memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat, namun juga membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat.

Semangka disebut BUAH KUAT untuk pria, benarkah? ?

Likopen dalam semangka juga menyumbangkan kasiat khusus untuk pria menikah. Buah ini bisa meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan gairah seksual pria. Bagi mereka yang rindu punya keturunan, buah ini juga bisa sangat membantu. Percaya atau tidak, penelitian menunjukkan bahwa senyawa sitrulin dalam semangka, memiliki efek afrosidiak yang sama hebatnya dengan viagra, tapi sama sekali tanpa efek samping. Mau coba?

Semangka lokal berbiji, semangka tanpa biji, semangka kuning, semangka merah, semangka impor, semangka bulat, semangka lonjong, atau varietas yang manapun itu, semangka tetap buah unggul dan berkhasiat tinggi! Jadikan buah ini sebagai kado cinta anda untuk keluarga. Aman dinikmati seberapa pun anda suka dan segarnya pun tiada tara .

Sumber : Unknown
Gambar : Dari sini

About these ads
Comments
  1. anintadiary says:

    * padahal ga suka semangka*

    musti blajar suka kyknya ya a…secara byk radikal bebas di bdnku…
    hmm..semangaattttt!!!

    Laki-laki Biasa : Ayo mulai mengkonsumsi semangka…enak dan segarr koq :)

  2. Johan says:

    Semangka.. Yes! I like it !

    Laki-laki Biasa : saya juga suka.. :)

  3. chatharina says:

    makasih artikelnya sangat bermanfaat. tapi, apakah buah semangka mengandung pupuk kimia yang digunakan selama semangka ditanam? ada mitos bahwa makan buah semangka terlalu banyak bisa membuat kepala pusing karena mengandung banyak pupuk kimia.
    apakah semangka ada pengaruhnya jika dikonsumsi ibu hamil?
    mohon jawabannya, kalau bisa melalui email.
    terima kasih

  4. yanthy kharie says:

    Udah murah berkhasiat pula harua jadi menu wajib nich hehe…

  5. andik sriwahyunikohata says:

    saya saat ini sedang hamil tua,dijepang lagi usim panas….jadi suka sekali makan buah semangka….

    Laki-laki Biasa : “Semoga proses kelahirannya berjalan lancar ya Mbak, semoga ibu dan sang bayi juga sehat dan baik2 saja.. amiin yaa ALLAH.”

  6. BSB says:

    Ow,ini toh manfaatnya. :-o
    Wah,ane dr dlu mmang suka. :D
    Postinganny ni jg sangt b’mnfaat. :)

    Laki-laki Biasa : :)

  7. leni says:

    assalamu’alaikum….
    wah.. boleh jg tu…
    biar ttp sehat kan?
    harus dicoba……
    semangat!!!!!!!!!

    Laki-laki Biasa : “Ayoo di coba donk, nanti setelah buka puasa tentunya.. :)”

  8. mie" says:

    Aku suka biuah semangka,apalahgi sekarang lagi hamiL
    Klo mkan semangka gk tau berapa potong,mPe diare…
    Jera deh makan semangka berlebihan
    Hehehehe

    Laki-laki Biasa : “Wah kebanyakan sih makannya..hehe..
    Semoga semuanya sehat ya mbak.. semoga si kecil lahir dg selamat dan sehat wal’afiat, demikian pula ibunya.. amiin.. “

  9. Sary says:

    Apa benar orang yang sakit maag gak boleh makan semangka..

  10. tri says:

    dari dulu saya emang suka semangka,walau ga tahu manfaatnya bisa habisin yg beratnya 4kilo sendirian,hehe apalagi skarang pas udah tahu manfaatnya?thanks

  11. bunny says:

    ssalam kenal…
    suka artikelnya….bagus,,

  12. [...] 2.099 kali dibaca 03. Untuk Wanita: Makna I Love You Yang Tak Terungkapkan = 1.999 kali dibaca 04. Manfaat Semangka = 1.846 kali dibaca 05. 10 Manfaat Pepaya = 1.615 kali dibaca 06. Hikmah Sholat Dhuha = 1.596 07. 4 [...]

  13. neny says:

    udah enak, banyak manfaat ya, wadow banyak makn semangka ternyata lebih perkasa

  14. kusmawarni says:

    hmmm..hampir tiap hari q..mkn..buah,semangka..yg q tau..seger za ..wow..trnyata byk bgt manfaatnya..ga rugi nih beli tiap hari…he..he..thank,s y artikelnya…

  15. wulan audy says:

    Wah, ternyata semangka buah yang hebat dan banyak manfaatnya…
    Kebetulan, saya suka semangka, cuma sekarang agak jarang makan…
    Karena ga kuat kalo mesti ngabisin sendiri buah segede itu hehe… (siapa juga yang suruh makan sendirian ?)

    Laki-laki Biasa: Hahaha.. makanya bagi-bagi donk :P

  16. dealer pulsa says:

    good semangka memang baik dan bergizi

  17. Fai Hart says:

    makan semangka biar tambah greeng….:)

  18. fitra says:

    semangkasih enak tapi banyak kayak gmn gitu

  19. vina says:

    eeeemmmm enak bgt semangka.. hampir setiap hari minum juice semangka… apa lagi klo diminum siang2… suegerrrrr :D

  20. mayahapsari says:

    wah bermanfaat banget. izin share ya

  21. endra' says:

    alhmdllh berkat bpk trimo semangka dagangan gue hri nie d borong cew” alasanx boat diet…,,,… thanx ea bpk trimo

  22. trimo says:

    to endra sama sama mas.bagi para cewek” kalau mau pesan semangka eceran / partai bs menghubungi endra grosir buah semangka.wah kalau begini banyak untungnya dong.jgn lupa komisinya.

  23. selvi says:

    alhamdulillah q doyan semangka, ternyata banyak sekali manfaatnya. thx infonya

  24. mustiko says:

    TERIMA KASIH INFONYA

    MUSTIKO

  25. Yuki_jj says:

    SEMANGKAAAAAAAA !!! XD
    *fans baru

  26. a says:

    Wah ini emang kesukaan saya. Manfaatnya emang ruar biasa. Makasih infonya, gan.

  27. upay says:

    saya setiap hari menjejeli si pacar dengan semangka ampe bosen dia :p

  28. sitifatima says:

    weisssss betulkah bs menyuburkan??? tak mkn semangka typ hr dehhhhh

  29. lusi says:

    Terima Kasih, I Like It

  30. Helmy Budiyanto Miolo says:

    i like it. thanks atas infonya

  31. nita says:

    Sy suka smgka

  32. jhay says:

    suka di just

  33. zwingly says:

    Katanya klo daging berwarna putih dari kulit semangka bermanfaat ya????

  34. Alive says:

    Makasih infonya, bagaimana cara mengolahnya ya?

  35. abufarannisa says:

    Musin kemarau begini nih.. yang namanya semangka dimakan enak banget…

  36. alan says:

    Hemmm….. wenak tenan, di makan enak kasiatnyapun bikin enak, i like it

  37. Van persie says:

    thx infonya, artikel yg bagus…

  38. abufarannisa says:

    Musim kemarau disaat semangka makin terasa enak…bikin gak bosen..

  39. papi nes says:

    gue coba dulu ah…

  40. intanps says:

    posting yang bagus, dapat menambah wawasan saya. kalo ada waktu mampir yuk ke blog saya
    http://hoshikanoshi.blog.stisitelkom.ac.id/
    ditunggu ya ^^

  41. purnama says:

    Ini info yg sangat bermanfaat, mohon izin utk copy…

  42. Park_Jay39 says:

    Alhamdulillah… Baru jha aku (gak) habis makan semangka, kenyang baaangeeet:D!!

  43. buah semangka banyak sekali manfaatnya untuk ibu hamil harus mengkonsumsi buah ini ,sulu aku juga sering makan buah semangka waktu q hamil dan untungnya sekarang anak saya perkembangannya aktif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s