Tiga Kekuatan Wudhu

Posted: 22/09/2008 in Renungan, Tahukah Anda
Tags: , , , ,

01. Membersihkan Tubuh

Wudhu bisa membersihkan tubuh sebab wudhu berkaitan dengan air. Wudhu sesungguhnya merupakan pengolahan, pengakumulasian dan pemusatan kekuatan air ke dalam tubuh kita. Tidak tanggung-tanggung, air wudhu adalah air yang suci dan menyucikan, yang dalam istilah fiqh-nya disebut sebagai “air mutlaq”.

Allahu Akbar!
Renungkanlah kedahsyatan ajaran Islam tentang wudhu ini! Dengan terang dan gamblang, Islam mengajarkan bahwa ketika Anda berwudhu, Anda harus mengetahui dan memahami apakah air yang akan Anda gunakan itu suci dan menyucikan atau tidak. Islam tidak hanya mengatakan, “Air wudhu antum harus bersih…” Tidak hanya bersih saja, tetapi suci, yakni suci dari hadas, najis atau kotoran. Sekarang renungkanlah, air apa yang paling sehat ketimbang air yang suci dan menyucikan?!

Air yang demikian itulah yang kita pergunakan untuk berwudhu. Dengan demikian, apabila Anda ingin mendapatkan salah satu keajaiban dari wudhu berupa kebersihan tubuh, Anda tidak bisa sembarangan dalam menggunakan air. Islam tidak pernah mengajarkan pada Anda untuk menggunakan air yang kotor dalam berwudhu seandainya di sekitar Anda terdapat air yang bersih. Islam mengajarkan kebersihan, dan wudhu adalah cara untuk menjaga kebersihan Anda.

02. Menyehatkan Emosi

Imam Ali Zaenal Abidin ketika beliau mau mengambil air wudhu, tiba-tiba raut muka beliau berubah. Pancaran cahaya spiritual tampak dari wajah beliau. Hal itu terjadi, sebab beliau menyadari betul bahwa sebentar lagi -usai melakukan wudhu- beliau akan menghadap Pemberi Cahaya Spiritual, yaitu ALLAH Swt.

Selain dapat membersihkan tubuh, wudhu juga akan dapat membersihkan emosi Anda. Wudhu bisa menyehatkan emosi, sebab air wudhu yang suci akan meresap masuk ke dalam akal sehat dan hati kita, menyejukkan akal dan hati kita sedemikian rupa sehingga gejolak emosi dapat tertata dengan baik akibat air wudhu tersebut. Terlebih lagi, apabila kita menyadari bahwa ALLAH terus-menerus melihat kita dalam berwudhu tersebut. Wudhu dapat mengosongkan emosi kita dari pengaruh-pengaruh yang buruk, sekaligus dapat meledatkan emosi positif dalam diri kita.

03. Menyucikan Jiwa

Puncak kekuatan wudhu adalah kesucian jiwa. Jiwa yang suci adalah jiwa yang hanya memiliki kecenderungan ke arah ruh. Jiwa yang demikian adalah jiwa yang selalu mendapatkan ridho dari ALLAH Swt. Jiwa bisa seperti itu, karena jiwa hanya bergantung kepada ALLAH; tidak menduakan-NYA, tidak membutuhkan selain-NYA; dan tidak pernah berpaling dari-NYA. Wudhu bisa memberikan Anda keadaan jiwa seperti itu.

Disalin dari : Buku “Misteri Energi Wudhu” (karya Muhammad Muhyidin)
Gambar dari : Rhani

About these ads
Comments
  1. Taqobbalallahuminna waminkum
    Washiyamana washiyamakum
    Minal ‘Aidin walpaidzin
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin 1 Syawal 1429 H

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s